JAKARTA-Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi Pariwisata Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan potensi wisata kawasan Kerinci dan Kabupaten Merangin tidak kalah sangat potensial untuk dikembangkan, namun, perlu adanya optimalisasi sumber daya pariwisata yang mendukung, baik dari sarana dan prasarana, serta SDM-nya.

"Berbicara wisata kawasan Kerinci dan Merangin sangat potensial untuk dikembangkan, hanya saja perlu optimalisasi SDM," ungkap SAH di Jakarta (26/5) kemarin. "

Oleh karena itu, Anggota DPR RI dari Provinsi Jambi tersebut meminta pemerintah melalui Kemenristekdikti mendorong berdirinya Politeknik Pariwisata di Kerinci atau di Merangin.

SAH mengatakan untuk mewujudkan kawasan Kerinci dan Merangin menjadi kawasan wisata baru yang dikenal ditingkat nasional butuh sinergi lintas kementerian. Penyiapan infrastruktur dan SDM bisa berjalan selaras dan beriringan.

"Saya di DPR sudah sampaikan kepada pemerintah khususnya menteri Pariwisata bagaimana kita berkolaborasi karena kalau tidak akan susah mendorong. Infrastrukturnya harus disiapkan, sumber daya harus juga di siapkan mudah-mudahan sukses," ungkapnya. 

Selanjutnya Anggota Fraksi Partai Gerindra itu mengatakan, keberadaan Politeknik pariwisata saat ini amat penting. Kebutuhan tenaga kerja pariwisata yang cakap, terampil dan profesional bisa terpenuhi dari para lulusannya. Sehingga tercipta link and match antara politeknik dan industri pariwisata di sana.

Dia menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM Indonesia demi membangun ekonomi Indonesia makin baik dan sejahtera. SAH meminta pemerintah Kabupaten Kerinci dan Merangin untuk memberikan perhatian yang serius dalam kemajuan dunia pendidikan di daerah itu ke depan.

“Saya berharap kepada bapak bupati, para rektor, coba bekerja sama dengan baik untuk membangun pendidikan yang baik dan berkualitas, bagi anak-anak Indonesia. Semua anak kita harus mendapat pendidikan yang berkualitas. Kami berharap seluruh elemen ikut mencerdaskan anak bangsa khususnya kita di Provinsi Jambi," tandasnya.(red)