Merangin - Lomba Lintas Wisata Alam Geopark Merangin dan Kemah Penyair Asia Tenggara tingkat nasional akan digelar bulan Juni 2019 ini, yang mana  Kegiatan ini adalah ajang lomba penggiat alam dan penyair Asia Tenggara dalam upaya Penegasan Geopark Merangin sebagai warisan dunia.

," Kita akan supot kegiatan LLWAGM-KPAT, ini baru kegiatan yang selama ini di tunggu tunggu berkelas nasional ungkap bupati Merangin H Al Haris. 

Dengan adanya kegiatan ini berharap mendongkrak wisata di Merangin menjadi andalan kita, apalagi dengan adanya geopark Merangin , wisata wisata di Merangin semakin lengkap.

Kegiatan LLWAGM-KPAT berjalan sukses hendaknya. Terus semangat buat panitia yang menghitung hari menjelang kegiatan berlansung, terus lapor kan ke kami apa saja nantinya yang menjadi kendala dalam mempersiapkan rangkaian nya. 

Apalagi Merangin kaya dengan wisata. Memiliki lebih dari 100 lokasi objek wisata alam dan di tambah puluhan desa wisata, kita pemerintah juga fokus dengan pengembangan wisata. Kalau wisata kita hidup dan bayak di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, tentunya membuat dampak buat pertumbuhan ekonomi masyarakat," tambahnya 

Kita semakin terbantu dengan ditetapkannya Perpres Nomor 9 tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark) pada 25 Januari 2019 lalu oleh Bapak Presiden.

Kalian anak-anak muda dan dukungan masyarakat tentunya diharapkan, mari bersama-sama kita jaga alam yang elok penuh wisata ini. Maka dari itu Merangin semakin mantap," tambahnya 

Bentuk dukungan pemerintah akan menyiapkan sarana prasarana yang akan di butuhkan dalam kegiatan LLWAGM-KPAT tersebut, saya akan minta kepada OPD terkait dan pihak swasta untuk bantu mensukseskan kegiatan tersebut," lanjutnya bupati. 

Meminta penyair untuk menulis geopark dalam karya sastra, agar bisa di bukukan dan di bagikan dalam sekolah sekolah, dalam kegiatan LLWAGM-KPAT yang sangat luar biasa ini antar Pengiat alam dan Pengiat seni dengan poksinya masing-masing akan membawa kesuksesan dan kemajuan wisata dan Pengiat seni di Merangin.

Sementara itu panpel LLWAGM-KPAT Deno Charles mengatakan kegiatan LLWAGM-KPAT Merupakan kegiatan olahraga treking, nantinya peserta akan berjalan kaki sepanjang jalur geopark merangin yang akan di suguhan keindahan air terjun, sport wisata geopark dan melalui halang rintangan, kuis kuis yang telah di sediakan.

Menyeberangi sungai merangin dengan mengunakan perahu karet di lokasi arung jeram geopark yang mana jalur arung jeram di Merangin sudah tingkat nasional.

Kami jugo menyediakan arung jeram gratis untuk lima tim yang beruntung, sedangkan Selama kegiatan pastinya peniti sudah memperhitungkan seluruh kegiatan baik dari segala septi prosedur, dari sepanjang jalur nantinya akan terdapat 20  pos panitia guna memberi kenyamanan kepada peserta," tambahnya 

Setelah melewati seluruh jalur tiba la peserta di lokasi titik akhir kegiatan. Lokasi kemah penyair Asia Tenggara, di situ nantinya akan di laksanakan loncing buku oleh penyair Asia Tenggara dan penampilan penampilan menarik lainnya. Salah satunya nanti di akhirat acara juga ada penampilan lukah gilo.(les)