JAMBI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi akan menyelenggarakan event tahunan yakni Festival Batanghari 2019 pada tanggal 21 hingga 25 September mendatang. 

Festival ini merupakan salah satu event Provinsi Jambi yang masuk 100 Wonderful Indonesia dan sangat di dukung oleh Kementerian Pariwisata RI (@kemenpar). 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi mengatakan Festival Batanghari tetap digelar dikawasan lama yakni didepan rumah dinas Gubernur Jambi (kawasan Ancol). "Tanggal 21 pembukaan dan tanggal 24 penutupan. Untuk 25 nya penutupan bazar," ujarnya kepada wartawan, Rabu (11/9/2019).

Ujang menyebutkan untuk tahap persiapan sendiri sudah 50 persen proses administrasi. "Ini masih proses. Surat menyuratnya sedang dipersiapkan. Nanti kita akan menggunakan dana APBD juga," sebutnya tanpa menyebutkan jumlah nominal secara pasti.

Dijelaskannya, agenda dalam Festival Batanghari tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu. Menurutnya parade 99 model tengkuluk Jambi tetap diadakan. 

"Selain itu fashion show busana batik, permainan anak, seni budaya seperti tari dan lagu daerah yang menjadi ciri khas kita itu tidak ketinggalan tentunya. Semoga semua berjalan lancar, doakan ya," katanya.

Sedangkan opening ceremony, kata Ujang, rencananya akan dimeriahkan Oleh Erie Suzan dan Reza D’Academy. "Insyaallah nanti akan memperoleh bantuan dari Kementerian Paiwisata mengenai artis ibukota. Rencananya Erie Susan dan Reza," jelasnya.

Saat ditanyakan apakah belum diadakan ditingkat daerah secara serentak terkait konsep lama, Ujang menyebut direncana seperti itu. Namun tetap tergantung kesiapan ulang. Karena menurutnya, apabila suatu event dapat dilaksanakan secara serentak sangatlah bagus. 

"Kita berharap dulukan adanya kegiatan dari Kota Jambi, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur. Minggu depan kita masih berharap ini bisa dilaksanakan, Dan titiknya itu adalah sungai batanghari. Semoga bisa siap semua," pungkasnya. (uya)