PPDB Smp tanjabtim di buka juli,90% sistem Zonasi terbesar

 

TANJABTIMUR -halojambi.id Dinas pendidikan kabupaten Tanjabtim akan membuka penerimaan peserta Didik baru jenjang menengah pertama pada Juli 2019 mendatang PPDB tahun 2019 ini sebagai pilot projek untuk pelaksanaan PPDB tahun tahun selanjutnya.

 

Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung menyatakan bahwa Proses Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Negeri di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang akan dibuka pada 1 hingga 8 Juli 2019.

 

Kepala dinas pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Junaedi Rahmat menegaskan proses PPDB tidak dipungut biaya dan transparan Semua proses PPDB ini gratis sebagian kecil sekolah menerapkan sistem online dan sebagian besar lainnya masih belum dapat menerapkan sistem online lantaran terkendala oleh perangkat pendukung.

 

Kepala dinas pendidikan kabupaten Tanjabtim Junaedi Rahmat mengungkapkan tahapan PPDB SMP Negeri di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dibagi menjadi tiga jalur di antaranya jalur zonasi jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orangtua.

 

Junaedi menjelaskan mengacu pada amanat Permendikbud dalam PPDB jalur zonasi memiliki kuota terbesar mencapai 90 persen sementara jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orangtua masing-masing memiliki kuota lima persen. Jalur prestasi dibagi secara proporsional baik prestasi akademik maupun non akademik Sementara untuk jalur perpindahan biasanya pegawai yang pindah tugas biasanya belum memiliki domisili yang jelas dan bisa didaftarkan dengan surat tugas tersebut. Selain itu untuk jalur zonasi sendiri Disdik Kabupaten Tanjabtim membagi menjadi delapan zona Jadi siswa-siswa yang hendak melanjutkan sekolah ke jenjang menengah pertama ini diwajibkan mendaftar di sekolah-sekolah yang berada di zona tersebut.

 

Junaedi menegaskan PPDB berbasis zonasi dinilai sangat berkontribusi dalam pemerataan kualitas pendidikan Sebagaimana diketahui kuota PPDB untuk setiap rombongan belajar SMP ini hanya 36 siswa per kelas dan maksimal 11 rombel per sekolah Sementara di Kabupaten Tanjabtim terdapat 45 sekolah menengah pertama negeri ujarnya.(kms)