JAMBI - Saat ini covid 19 masih melanda Kota Jambi. Hal tersebut tidak menjadikan SMAN 12 Kota Jambi krisis prestasi dan pasif dalam mengikuti berbagai perlombaan baik tingkat provinsi maupun nasional. Baru-baru ini, SMAN 12 Kota Jambi, berhasil meraih prestasi dalam kejuaraan menembak Walikota Cup 2021 dalam rangka HUT Kota Prabumulih, Sumatra Selatan dan cabang olahraga Renang pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se Sumatera ke X dan KOSN Cabang Taekwondo

Wakil Kepala Sekolah SMAN 12 Kota Jambi, Tasdik Husni Amri, S.Pd, M.Pd mengatakan, pandemi bukanlah penghalang bagi siswa untuk mencetak prestasi. Walaupun kemarin pembelajaran melalu daring dan kegiatan ekstrakurikuler di berhentikan, tidak pula membuat siswa berhenti untuk berlatih.

"Walaupun kegiatan ekstrakurikuler diberhentikan disekolah akan tetapi siswa tetap bisa berlatih diluar sekolah. Beberapa waktu lalu siswa kami yang bernama Rana yudha saktika meraih juara I Menembak kategori Pistol Air 10 Meter dalam kejuaraan menembak Walikota Cup 2021 dalam rangka HUT Kota Prabumulih yang diselenggarakan pada bulan Oktober lalu," ujarnya, Senin (15/11) 

Ia melanjutkan, tidak hanya itu pada pada tahun 2019 lalu, siswa SMAN 12 Kota Jambi juga mengikuti perlombaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se Sumatera ke X dicabang olahraga renang. 

"Siswa kami atas nama Aura Filzani Fitri Lubis berhasil meraih 3 Mendali Emas dan 2 Perak dari nomor 800 meter gaya bebas, 400 meter gaya bebas dan 200 meter kupu kupu. Sementara dua medali peraknya dari nomor 200 dan 400 meter gaya ganti, " ungkapnya. 

Adapun daftar juara yang diraih SMAN 12 Kota Jambi dalam perlombaan tingkat Kota. Juara I Literasi yang diikuti oleh Fika Shafira dan juara II kategori Umum Putri Tenis Meja yang dikuti oleh Afina Beta Rosada

Kemudian, dalam Perlombaan tingkat Provinsi. Juara I Cabang Sepatu Roda Tingkat Provinsi dalam Kejuaraan Buciken Cup yang diikuti oleh Adam Zuhri Ramadhan, Juara I Cabang Taekwondo Tingkat Provinsi dalam Kejuaraan open Turnamen Lebong Bupati Cup yang diikuti oleh Atin Rahsan, juara II Cabang Karate tingkat Provinsi dalam KOSN 2021 yang diikuti oleh Miyta sefiyany dan Salwa Khairotunnisa sebagai Duta Supik Pra Remaja Provinsi Jambi dalam pemilihan kulup supik Provinsi Jambi

Selanjutnya, dalam perlombaan tingkat Nasional. Juara I dalam kejuaraan taekwondo tingkat nasional yang diikuti oleh Puteri Amanda dan juara III dalam Kejuaraan Taekwondo tinggal nasional yang diikuti oleh Kenny Samuel Aryos. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang berprestasi, SMAN 12 memberikan sebuah penghargaan yang istimewa untuk siswa yang mendapatkan prestasi 

Selain itu, Tasdik Husni Amri, S.Pd, M.Pd selaku wakil kepala sekolah mengatakan, Untuk saat ini akan lebih mensuport prestasi non akademik karena kegiatan dan proses pembinaannya lebih memungkinkan dilakukan dengan berkolaborasi bersama pengurus cabang olahraga (Cabor) dan sanggar-sanggar. 

"Target kedepanya akan membuat sekolah olaraga, jika belum bisa membuat sekolah olaraga, minimal kelas olaraga dulu, karna di Jambi belum ada sekolah khusus olahraga, " tutupnya. (*)