Home / Mata Jambi / Abdullah, SAD Penghafal Al-Qur’an

Abdullah, SAD Penghafal Al-Qur’an

Jambi, halojambi.id – Jika biasanya Suku anak dalam(SAD)  diketahui atau dikenal dengan buta Membaca, Menulis, dan Menghitung (3M). Namun kali ini, sangat menakjubkan serorang anak SAD mampu menjadi penghafal Al-Qur’an.

Ia adalah Abdullah yang mampu menghafal 4 – 5 juz Al-Qur’an sejak dirinya menjadi mualaf. Ia membuktikannya dengan melantunkan surat Al – Mulk di luar kepala dalam pelaksanaan doa selamat perpindahan Pasar Angso Duo lama ke tempat Pasar Angso Duo baru, Rabu (24/10).

Abdullah membuktikan kepada semua masyarakat bahwa tidak seluruh SAD tidak bisa melakukan banyak hal terutama tentang pendidikan apalagi pembelajaran agama.

Saat dikonfirmasi wartawan Halo Jambi, Abdullah mengatakan dirinya bisa menjadi penghafal Al-Qur’an karena kesungguhannya belajar mengaji.

“saya belajar terus mengaji, hingga bisa sampai menjadi penghafal Al-Qur’an,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Abdul Aziz selaku guru yang membimbing Abdullah mengatakan bahwa sebelumnya dahulu Abbdullah ditemukan oleh teman-teman dari Jama’ah masjid. Melihat dirinya yang hidup sendiri, diangkat menjadi anak dari salah satu warga.

Setelah diangkat menjadi anak, Abdullah dimasukkan ke dalam Agama Islam dan dimasukkan ke dalam pesantren untuk memperdalam ilmu agama.

“Setelah masuk ke pesantren Abdullah terus belajar untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an,” ujarnya.

Aziz menjelaskan banyak rintangan dan kesulitan yang ditempuh Abdullah selama menjadi penghafal, apalagi Abdullah sangat kaku dalam berbahasa yang menjadi faktor utama yang dihadapinya.

Awal mula belajar, dijelaskan Aziz, Abdullah kesulitan saat mengucapkan ayat-ayat suci Al-Qur’an secara lisan. Namun seiring berjalannya waktu, setelah 2 tahun belajar Abdullah akhirnya bisa menjadi penghafal Al-Qur’an.

“Setelah bisa mengahafal tiap-tiap juz dalam Al-Qur’an, setiap tiga bulan sekali Abdullah kita ajarkan untuk hafalan,” jelasnya.

Ia menargetkan Abdullah dapat khatam menghafal Al – Qur’an dalam kurun waktu 4 tahun.

Aziz berharap agar Abdullah bisa mengembangkan dirinya lebih dari yang dicapai sekarang terutama dalam bidang Agama.

“Saya sangat mengharapkan kepada Abdullah agar bisa bersaing di tengah-tengah masyarakat dan mampu membangun sesuatu seperti pesantren atau yang lainnya,” tuturnya.

Selain itu, Aziz pun menyampaikan bahwa Abdullah, nantinya sangat ingin membuktikan bahwa SAD juga memiliki hak dan kebutuhan yang sama seperti yang lainnya dan mampu bersaing dengan kebanyakan kehidupan masyarakat normal lainya.

” dia (Abdullah) akan buktikan bahwa bisa seperti masyarakat biasa lainnya,” pungkasnya. (cw2)

About Halo Jambi

Baca Juga

Polda Jambi Gunakan Sistem CAT Seleksi CPNS Polri TA 2018

Jambi, halojambi.id – Biro SDM Polda Jambi melaksanakan Seleksi Kompetensi bagi pelamar Calon Pegawai Negeri …