Home / Politik / Bawaslu Kota Jambi Turunkan APK Caleg yang Melanggar 

Bawaslu Kota Jambi Turunkan APK Caleg yang Melanggar 

KotaJambi, halojambi.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jambi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi dan stakeholder menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang  bertebaran di jalan-jalan Kota Jambi, Rabu, (10/10/2018).

Ketua Bawaslu Kota Jambi, Ari Juniarman mengatakan pihaknya menindaklanjuti hasil rakor yang dilakukan bersama stakeholder. “untuk menertibkan APK yang seharusnya sejak masa kampanye dimulai semua para peserta pemilu yang masuk dalam DCT itu harus ikut aturan main yang sudah ditentukan oleh peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Ari melanjutkan, terkait APK ini ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dan dasar untuk menurunkannya, yang mana sudah dilakukan sosialisasi dan memberitahukan kepada partai politik bahwa mana saja yang boleh dan mana yang tidak boleh terkait APK.

“Ternyata masih banyak APK yang diluar dari desain yang diserahkan ke KPU masih terpasang,” sebutnya.

Ari menyampaikan dengan dasar ini pihaknya melepaskan semua APK karena, pertama ukurannya tidak sesuai dengan sepakatan yang sudah dibangun melalui rakor dangan parpol, kedua desainnya harus sesuai dengan desain yang diserahkan ke KPU, dan ketiga terkait tempat itu sudah ditentukan melalui zona-zona yang sudah disepakati pada saat rakor bersama parpol.

“Ini yang kami coba kawal sehingga pemilu kita ini sesuai dengan prinsip keadilan dan kesetaraan itu bisa kita jaga, kita sudah sepakat semua sampai ke zona pemasangan yang harus kita ikuti,” jelasnya.

Ari menghimbau ketika ada peserta yang memiliki embel-embel dari lembaga lain atau sebagai Ketua organisasi, LSM, Direktur, ketika sudah terdaftar di DCT mau tidak mau harus ikut aturan main PKPU.

“peraturan APK ini sudah jelas di PKPU 23, APK tidak masuk kepada citra diri, jadi ketika salah satu calon sudah masuk DCT mau memasang foto saja, itu sudah bisa kami turunkan, karna tidak sesuai dengan kesepakatan,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota Bawaslu kota Jambi, Johan Wahtubi menambahkan semoga dengan adanya tindakan penurunan APK tersebut, tidak ada lagi Caleg maupun Parpol yang membandel.

“kita berharap setelah kita tertibkan ini tidak ada lagi parpol dan caleg yang melanggar ketentuan yang berlaku,” tandasnya. (mam)

About Halo Jambi

Baca Juga

Dalam Rangka Upaya Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Kota Jambi Sambangi SMAN 5 Kota Jambi

Kota Jambi, halojambi.id – Dalam rangka kegiatan upaya peningkatan partisipasi pemilih khususnya pemilih pemula, Komisi …