Home / Mata Jambi / Halo Timur / BPBD Tanjung Jabung Barat: 181 Hektar Lahan Terbakar Hingga Awal Oktober

BPBD Tanjung Jabung Barat: 181 Hektar Lahan Terbakar Hingga Awal Oktober

Kualatungkal, halojambi.id – BPBD Tanjung Jabung Barat merilis data kebakaran dari bulan Januari sampai minggu pertama Oktober 2018 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak lebih kurang 181 hektar.

Menurut kepala BPBD H. kosasi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, kebakaran lahan pada Januari sampai awal Oktober 2018 mencapai 181 kebakaran.

“Kebakaran hutan ini kalau tidak ditanggapi dengan cepat dan serius mungkin dapat berakibat banyaknya lahan yg kebakar atau lebih dari data yang ada,” tegasnya.

Kosasi juga mengucapkan terima kasih kepada bantuan tiga pilar, TNI, Polri dan masyarakat atau MPA masyarakat peduli api yang telah membantu pihak BPBD dalam melaksanakan tugas memadamkan lahan yang terbakar.

Kosasi juga menegaskan daerah lahan yang paling rawan terbakar berada di Kecamatan Bramitam dan kecamatan Betara dikarenakan daerah tersebut daerah bergambut yang sedikit susah dipadamkan.

“Untuk mengantisipasi lahan yang kebakar pihak BPBD tanjung barat telah sosialisasi kepada masyarakat desa di kecamatan kecamatan dengan bekerja sama dengan TNI Polri dan MPA masyarakat peduli api dan perusahaan perusahaan yang ada di kabupaten tanjung jabung barat untuk berhati hati dengan api yang bisa mengakibatkan kebakaran lahan,” jelasnya.

Sewaktu ditanya tentang fasilitas pendukung, Kosasi berkata sudah baik karena daerah bisa dibantu Provinsi dan perusahaan-perusahaan yang ada di daerah Tanjung Jabung Barat seperti bom air dari heli PT WKS dan BPBD Provinsi.

Dalam menyambut bulan penghujan pihak BPBD mengharapkan bantuan dari tiga pilar pemerintah kabupaten, TNI polri dan masyarakat untuk bisa tanggap dan memberi kabar kalau ada banjir atau longsor.

Kosasi juga mewarning daerah – daerah langganan banjir seperti Lubuk Spontan, Pematang Pauh, Kuala Dasal, Kampung Bojo dan Dusun Kebun karena kalau hujan dengan intensitas tinggi bisa sungai di daerah tersebut meluap.

“Seperti di Lubuk sepontan yg banjirnya agak sedikit lama sehingga yang membuat pihak BPBD mendirikan posko,” ungkapnya. (ags)

About Halo Jambi

Baca Juga

Kapal Miliaran Rupiah Terbengkalai di Pelabuhan

TANJABTIMUR, halojambi.id – Kapal Roro KMP Rang Kayo Hitam bantuan pemerintah pusat untuk pemerintah Kabupaten …