Home / Mata Jambi / Kota Jambi / Harga Tiket Pesawat Picu Inflasi Jambi

Harga Tiket Pesawat Picu Inflasi Jambi

Jambi, halojambi.id – Menurut data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, pada bulan November 2018, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,15 persen. Sama halnya dengan Kota Jambi, Kota Muara Bungo juga mengalami inflasi sebesar 0,53 persen.

Sedangkan Laju inflasi tahun kalender November 2018 Kota Jambi sebesar 2,03 persen dan Kota Muara Bungo 2,30 persen.

Dikatakan Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Inflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada 6 (enam) kelompok pengeluaran yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,01 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,18 persen; kelompok sandang sebesar 0,24 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,15 persen; kelompok pendidikan, rekreasi,
dan olahraga sebesar 0,29 persen; dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 1,08 persen.

“Andil terbesar inflasi di Kota Jambi d Dalam pembentukan inflasi Kota Jambi sebesar 0,15 persen, andil terbesar adalah dari Kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,1979 persen serta kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,0426 persen,” jabarnya.

Dijelaskan Dadang, inflasi yang dipicu oleh transportasi penerbangan pada akhir tahun disebabkan karena kenaikan harga tarif tiket pesawat dari maskapai.

“Itu kebijakan dari maskapainya sendiri, akhir tahun itukan musim liburan jadi otomatis tiket pesawat mahal,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pembentukan inflasi Kota Muara Bungo sebesar 0,53 persen, andil terbesar adalah dari kelompok bahan makanan sebesar 0,2238 persen serta kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,1474 persen.

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi Bulan November 2018 antara lain angkutan udara, bawang merah, tomat sayur, besi beton, telur ayam dan bahan dasar lainnya.

Sementara itu komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo seperti beras, bawang merah, tarif pulsa ponsel, mobil, dan bahan dasar lainnya.

“Kalo seperti bawang dan cabe menyebabkan inflasi naik juga karena permintaan pasokan barang yang juga meningkat, jadi begitu juga kenaikan harga tiket, banyaknya permintaan,” pungkasnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Polda Jambi Gunakan Sistem CAT Seleksi CPNS Polri TA 2018

Jambi, halojambi.id – Biro SDM Polda Jambi melaksanakan Seleksi Kompetensi bagi pelamar Calon Pegawai Negeri …