Home / Mata Jambi / HUT BPR dan BPRS Dimeriahkan Fun Walk Berhadiah

HUT BPR dan BPRS Dimeriahkan Fun Walk Berhadiah

 

Jambi, Halojambi.id – Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPR-BPRS) Nasional. BPR dan BPRS Jambi menggelar acara Fun Walk atau Jalan Sehat di halaman Stadion Tri Lomba Juang, Kota Jambi (08/07/2018) pagi.

Kegiatan Fun Walk dengan rute start dari Koni – Terminal – Simpang Bata – Novita Hotel – lampu merah Jelutung dan kembali lagi ke Koni tersebut diikuti ribuan massa yang terdiri dari keluarga besar BPR, para pejabat serta masyarakat Jambi.

Acara dilepas langsung oleh Direktur Utama BPR Jambi sekaligus Ketua Dewan Pengurus Daerah Perbarindo Jambi P Hasurungan A Manik, Sekda Provinsi Jambi M. Dianto, mewakili PLT Gubernur Fachrori Umar, Kepala Otoritasa Jasa Keuangan (OJK) Endang Nuryadin dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Bayu Martanto yang diwakili Fadil Nugroho.

Dalam sambutannya Sekda Provinsi Jambi M. Dianto mengucapkan terima kasih serta apresiasi terhadap OJK dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia Provinsi Jambi yang telah menyelenggarakan kegiatan jalan santai.

“Terlaksananya kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dari seluruh unsur, untuk itu terus pupuk dan jalin hal-hal baik yang telah berjalan sehingga OJK dan PERBARINDO Jambi terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Provinsi Jambi,” jelasnya.

Ia berharap dengan kegiatan jalan santai ini semakin mempererat tali persaudaraan, sehingga akan semakin bersatu menjalankan padu dalam menyelenggarakan pembangunan kedepan.

“Melalui momentum BPR dan BPRS Nasional tahun 2018 ini, mari kita tingkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat umum, regulator dan pemerintah terhadap keberadaan BPR-BPRS dan memperkuat branding positif jasa dan layanan BPR-BPRS di mata masyarakat serta meningkatkan literasi masyarakat terhadap pelayanan jasa keuangan khususnya pelayanan dari industri BPR-BPRS,” sebutnya.

senada, Kepala OJK Provinsi Jambi Endang Nuryadin juga mengucapkan selamat atas diselenggarakannya kegiatan Hari BPR-BPRS Nasional.” semoga melalui kegiatan ini, mampu menarik masyarakat untuk menyimpan dana, dan menggunakan produk/jasa dari perbankan khususnya BPR. Dengan semakin meningkatnya akses masyarakat ke sektor keuangan, diharapkan dapat memperbaiki kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Provinsi Jambi,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama BPR Jambi sekaligus Ketua Dewan Pengurus Daerah Perbarindo Jambi P Hasurungan A Manik mengatakan selain untuk memperkenalkan produk produk BPR – BPRS tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat umum, regulator dan pemerintah terhadap keberadaan BPR – BPRS di seluruh Indonesia khususnya di Provinsi Jambi.

Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Lalu kegiatan ini juga untuk memperkuat branding positif BPR – BPRS di mata masyarakat dan mendorong minat masyarakat untuk menggunakan jasa dan produk BPR-BPRS.

“Kita juga ingin meningkatkan literasi masyarakat terhadap pelayanan jasa keuangan, khususnya pelayanan dari industri BPR – BPRS, jadi momen sekali setahun ini kita manfaatkan untuk mengedukasi masyaraka dan kegiatan ini juga untuk mengevaluasi efektivitas program komunikasi dan BPR BPRS yang sudah dijalankan,” jelasnya

Ia menyebutkan BPR 100 persen merupakan bank milik warga negara Indonesia, berbeda dengan bank lain yang sudah banyak dimiliki bank asing.” “Edukasinya kita lakukan pada 24 DPD. Intinya, kita coba ingatkan kepada masyarakat bahwa kinerja BPR diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian simpanan dan tabungan deposit depo dijaminn oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),” tuturnya.

BPR di Provinsi Jambi terdiri dari 19 Kantor Pusat, 8 Kantor Cabang, dan 4 Kantor Kas. Jaringan kantor BPR selain di Kota Jambi, juga tersebar di beberapa kabupaten antara lain di Kab. Muaro Jambi, Kab. Bungo, Kab. Sarolangun, Kab Tanjung Jabung Barat, Kab. Batanghari, Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

“Industri BPR -BPRS menempati peran yang strategis dalam perekonomian Jambi terutama dalam mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan telah membina serta memberikan edukasi kepada kurang lebih 23.750 UMKM di Provinsi Jambi,” pungkasnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini juga diadakan launching logo terbaru BPR dan edukasi produk serta layanan perbankan dengan pembukaan Rekening Tabungan di 17 Stand BPR dan Bazar UMKM binaan BPR-BPRS di provinsi Jambi.

Acara Fun Walk diakhiri dengan hiburan serta pengundian berhadiah dengan Grand Prize satu unit sepeda motor.

Nantinya, kegiatan hari BPR-BPRS nasional akan dicatat dalam rekor Muri dengan kategori rekor edukasi perbankan oleh direksi bank terbanyak secara serentak di seluruh Indonesia, dan Perbarindo sebagai perhimpunan perbankan di Indonesia dengan jumlah anggota bank terbanyak dan bank yang kepemilikannya 100 persen Indonesia.

Hari BPR-BPRS Nasional juga diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan pusat kegiatan nasional dilaksanakan di Kota Malang, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut melibatkan masyarakat, regulator, pemerintah dan stakeholder lainnya. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu jalan sehat yang melibatkan partisipasi masyarakat lebih dari 100.000 peserta di seluruh Indonesia. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Wakapolda Jambi Laksanakan Jumling ke Masjid Nurul Hikmah

Jambi, halojambi.id – Jumat (16/11) Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs. Ahmad Haydar, S.H., M.M. melaksanakan …