Home / Bisnis / Permintaan Ekspor Turun, Petani Ambil Untung dari Dollar

Permintaan Ekspor Turun, Petani Ambil Untung dari Dollar

Fadhil Nugroho, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi.

 

Jambi, halojambi.id – Ditengah menguatnya dolar yang digadang-gadang akan menunjang nilai ekspor naik ternyata belum menunjukkan hasil yang diprediksi. Pasalnya beberapa permintaan ekspor komoditas tertentu menurun seperti ekspor pertanian.

Berdasarkan Liason yang dilakukan oleh Bank Indonesia Provinsi Jambi menunjukan adanya penurunan permintaan ekspor dari komoditas pertanian seperti pinang, kelapa dalam dan komoditi lainnya.

Fadhil Nugroho, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menjelaskan, saat ini ekspor pertanian tertolong dengan nilai tukar dollar. Sementara permintaan ekspor sendiri menurun. Penurunan ini diakibatkan beberapa faktor seperti black campaign sawit dari Eropa atau penetapan pajak atas barang ekspor dari pemerintah negara tujuan ekspor sehingga menyebabkan harga barang menjadi lebih mahal. Sedangkan negara tujuan ekspor tentu akan membatasi permintaan ekspor karena harga yang meningkat.

” Sekarang dengan jumlah ekspor yang mengecil, tapi masih diuntungkan dengan nilai tukar dolar yang menguat. Tapi ini tetap tidak sehat,” kata dia saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (23/10) kemarin.

Ia menjelaskan, ekspor Provinsi Jambi terindikasi menurun. Namun lain hal dengan ekspor migas dan batubara yang tetap meningkat.

“Kalau lihat dari komoditas memang perkebunan pertanian turun. Tapi pertambangan migas dan batubara naik. Secara total naik,” katanya.

Sebaliknya, untuk impor sendiri dikatakannya secara otomatis akan mengerem pasca menguatnya nilai tukar dollar. Namun kebanyakan dari importir telah melakukan kontrak perjanjian kerjasama atas harga barang yang diimpor dari jauh-jauh hari.

“Biasanya udah jauh-jauh hari ada perjanjian harga,” katanya.

Dari data BPS pada Agustus 2018 ekspor pada komoditi pertanian menurun dari Juli 2018 sebesar 14,77 persen. Rata-rata seluruh komoditi mengalami penurunan seperti ikan dan udang, pinang, kopi teh dan rempah dan lain-lainnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Original Levi’s Store Hadir di Jamtos

Jambi, halojambi.id – Jeans adalah salah satu pakaian favorit yang disukai oleh berbagai kalangan dan …