Home / Mata Jambi / Rapat Koordinasi Perangkat Daerah, Sekda Minta Pemerintah Daerah Terus Berbenah

Rapat Koordinasi Perangkat Daerah, Sekda Minta Pemerintah Daerah Terus Berbenah

JAMBI, halojambi.id — Pemerintah Jambi gelar rapat koordinasi perangkat daerah pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi, Selasa (23/10) di ruang pola kantor Gubernur Jambi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi mengatakan dasar utama penyusunan perangkat daerah dalam bentuk suatu organisasi adalah adanya urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah, namun tidak berarti bahwa setiap penanganan utusan pemerintah harus dibentuk ke dalam organisasi sendiri.

“Besaran daerah sekurang-kurangnya mempertimbangkan faktor keuangan, kebutuhan daerah, cakupan tugas yang meliputi sasaran tugas yang harus diwujudkan jenis dan banyaknya tugas, luas wilayah kerja dan kondisi geografis, jumlah penduduk dan potensi daerah yang bertalian dengan urusan yang akan ditangani,” tuturnya.

Oleh karena itu, penataan kelembagaan perangkat yang tepat fungsi dan tepat ukuran menjadi isu yang mengemuka dan tantangan besar dalam proses penyelenggaraan pemerintah dimasa yang akan datang.

Dianto juga menambahkan terdapat beberapa catatan penting dalam kebijakan penataan perangka daerah di pemerintah Provinsi Jambi selayaknya menjadi perhatian, adanya kecendrungan masing-masing daerah untuk membentuk perangkat daerah.

“Bukan berdasarkan kebutuhan, kemampuan dan potensi tapi semata-mata didasarkan kepada keinginan daerah yang mengakibatkan pembengkakan organisasi dan tentu saja berdampak pada pembebanan daerah,” jelas Dianto.

Menurutnya, ketidakseimbangan antara rasio belanja aparatur dengan belanja publik menjadi masalah besar yang memerlukan perhatian penuh.

“Besaran organisasi tidak berdasarkan analisis beban kerja seperti adanya pengembangan organisasi semata-mata untuk mengejar eselon yang lebih tinggi,” katanya.

Tidak konsisten dalam menerapkan prinsip organosasi dengan pemisahan yang tugas fungsi lini, fungsi staf dan fungsi pendukung berdampak pada keanekaragaman nomenklatur perangkat daerah.

Lebih lanjut disampaikannya, visi dan misi tata kerja dan uraian tugas yang tidak jelas sehingga dapat menghambat pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah sesuai mandat yang diberikan.

“Pemerintah daerah selayaknya harus terus berbenah untuk menemukan bentuk perangkat daerah yang adaptif bagi daerahnya masing-masing, untuk itu evaluasi kelembagaan dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan,” pungkasnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Gelar Tari Zapin Berayun, Kota Jambi Raih Penghargaan MURI

Kota Jambi, halojambi.id – Tari Zapin Berayun dengan jumlah penari sebanyak 4000 peserta yang dilakukan …