Home / Mata Jambi / Sekda Himbau Perumahan Jangan Sampai Jadi Kawasan Kumuh

Sekda Himbau Perumahan Jangan Sampai Jadi Kawasan Kumuh

Jambi, halojambi.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) pemantauan pelaksanaan bantuan pembiayaan perumahan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) wilayah I di Abadi Suite hotel, Kamis (22/11) pagi.

Rakor yang dilakukan untuk wilayah satu ini yakni Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan.

Selain dinas PUPR, kegiatan ini juga dihadiri para pelaksana untuk perumahan, pihak pengembang seperti REI, dan juga dari pihak pembiayaan yakni perbankan.

Sekda mengatakan setelah acara ini Kementrian dan Pemerintah berharap agar perumahan yang mendapatkan subsidi akan diperhatikan pemanfaatannya.

“bahwa beberapa waktu yang lalu, pernah di evaluasi oleh dinas PUPR bahwa sebagian rumah yang bersubsidi belum di tempati dengan berbagai alasan,” jelasnya.

Dijelaskan Sekda, alasan yang pertama adalah masih adanya renovasi, kemudian karena belum adanya air bersih, dan juga belum lengkapnya fasilitas umum yang memasuki kawasan perumahan tersebut.

Ia mengatakan kalau luasan tanah sudah 100 meter persegi, tetapi para pengembang membuat rumah secara maksimal nantinya fasilitas umum di kawasan perumahan tersebut tidak ada, dan juga tidak baiknya penataan kawasan, sehingga di khawatirkan kawasan tersebut menjadi kawasan kumuh.

“5 atau 10 tahun kedepan di khawatirkan menjadi kawasan kumuh, maka dari itu kita berharap kegiatan ini dapat memperhatikan itu,” jelas sekda.

Selain itu, kata Sekda dalam hal ini juga harus adanya kerjasama para pengembang dengan pihak Pemerintah kabupaten/kota agar ada fasilitas umum yang dapat dibiayai untuk perumahan  tersebut.

Sementara itu, Arvi Rrgyantoro, Direktur Evaluasi Bantuan Pembiayaan Perumahan Kementrian PUPR mengatakan sudah melakukan tindak lanjut melalui perbankan.

“karena kita melakukan penyaluran bantuan itu melalui perbankan, pihak perbankan akan mengirimkan surat agar rumah tersebut dapat di tempati,” jelasnya.

Hal ini menurutnya hal tersebut sangat efektif agar para pemilik rumah dapat menempati rumahnya.

“dengan melakukan kegiatan tersebut, dari rumah yang belum di huni sekitar 30 persen, bisa menurun 18 persen,” jelasnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Gelar Tari Zapin Berayun, Kota Jambi Raih Penghargaan MURI

Kota Jambi, halojambi.id – Tari Zapin Berayun dengan jumlah penari sebanyak 4000 peserta yang dilakukan …