Oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly

HALOJAMBI.ID - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah pimpinan Bupati H Al Haris, dianugerahi Penghargaan HAM oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia Yasonna H Laoly, pada Selasa (10/12).

Penghargaan bergengsi itu diserahkan Yasonna H Laoly, pada acara  Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia  ke-71, yang berlangsung meriah di Gedung Merdeka, Bandung.

Dikatakan Yasonna H Laoly, penghargaan itu diberikan, karena Pemerintah Kabupaten Merangin pada 2018 lalu, dinilai sebagai kabupaten yang sangat peduli dengan Hak Asasi Manusia.

‘’Kemenkum HAM mencatat baru 271 dari 516 kabupaten/kota yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayahnya,’’ujar Yasonna H Laoly.

Artinya lanjut Menkum HAM RI, baru sekitar 60 persen kabupaten/kota yang sungguh-sungguh melaksanakan komitmen nilai-nilai HAM dalam pelayanannya. Angka itu tidak beda dari tahun lalu.

Diharapkan penghargaan itu dapat memotivasi dan pendorong kepala daerah memenuhi hak dasar masyarakat, khususnya bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan dan lingkungan.

Bupati Merangin H Al Haris menegaskan, penghargaan tersebut milik seluruh masyarakat Merangin. Keberhasilan pembangunan dan prestasi bisa diraih tegas bupati, karena dukungan semua lapisan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk terus perduli dengan HAM. ‘’Kita hidup di tengah-tengah masyarakat harus saling peduli dengan HAM,’’pinta Bupati. (Les)