KUALATUNGKAL - Pemkab Tanjungjabung Barat melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dengan bekerja sama dengan Pengurus Masjid Sabilul Huda Kelurahan Teluk Nilau, Kecamatan Pengabuan Ahad (22/12) lalu melaksanakan kegiatan bernuansa Islami yang kental dengan menggelar acara Tabliq Akbar dan Peringatan Haul Sulthanul Aulia Syekh Abdul Qadir Al Jaelani. Dalam rangka tersebut masyarakat di wilayah ini berdatangan menuju masjid guna mengikuti prosesi kegiatan relegius tersebut.

Panitia Pelaksana kegiatan relegius ini sengaja menghadirkan seorang ulama dari Pulau Jawa untuk menyampaikan thausyiah kepada masyarakat yang menghadiri Tabliq Akbar yang berlangsung tersebut yaitu Pengsuh Pondok Pesantren Mambaul Falah KH M Hasanadin Subki dari Pekalongan Jawa Tengah.

Menurut intisari thausyiah yang disampaikan KH H Hasanudin Subki bahwa Allah SWT menitipkan kharomah kepada sebagian hambaNya yang dikendaki Allah untuk mendapatkan kemuliaan tersebut, mereka yang memiliki keistimewaan mendapatkan kharomah adalah orang-orang tertentu dengan tingkat keilmuan agama yang tinggi dengan menjalankan syariat agama dengan sebaik-baiknya dan memiliki tingkat keistiqohmaan yang paripurna.

Selanjutnya dalam bagian lain kandungan pesan-pesan relegius yang disampaikannya dihadapan masyarakat yang menghadiri Tabliq Akbar ini, KH Hasanudin menyebutkan tentang “Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Syarh al-Aqidah al-Wasithiyah, Ahlus Sunnah wal Jama’ah mengimani adanya karomah bagi wali-wali Allah. Oleh karena itu,  Imam At Thahawi didalam kitab akidahnya yang terkenal, Aqidah Thahawiyah, berkata." 

”Kita tidak mengutamakan seorang wali pun lebih di atas para nabi a.s. dan kita katakan: satu orang nabi itu lebih utama dari seluruh para wali. Dan kita mengimani tentang karomah mereka dan  kabar yang shohih dari orang-orang yang tsiqah (terpercaya) berkenaan dengan riwayat mereka," kata KH Hasanudin mengutip pesan dalam kitab milik Imam At Thahawi.

Berbagai kalangan dan golongan masyarakat mulai dari ibu-ibu dari berbagai majelis ta'lim, kaum remaja, tokoh masyarakat dan unsur pemerintah kecamatan Pengabuan tampak turut serta hadir mengikuti Tabliq Akbar dan Peringatan Haul Syekh Abdul Qodir Al Jaelani hingga berakhir seluruh rangkaian acara siang itu.(ifa/adv)