Jambi - Mewakili Sekda, Asisten I Setda Provinsi Jambi, Apani Saharudin menerima Pertemuan Kunjungan Direktorat Eropa Wilayah II, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, bertempat Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Kantor Gubernur Jambi. Jumat (12/4/2019). 

Pada pertemuan ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengucapkan terima kasih kepada Hendra Halim selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Eropa Wilayah II, Eropa utara dan tengah yang berkunjung ke Jambi selama 3 hari.

"Kemarin beliau di hutan harapan, dan hari ini beliau bertemu dengan kita (Pemprov)," kata Apani.

Apani menyebutkan, Dirjen Eropa Wilayah II adalah orang yang berasal dari Jambi, untuk itu dirinya menginginkan beliau dan (Pemprov) Jambi dapat bekerjasama untuk memikirkan Jambi kedepannya.

Dirinya mengatakan, beliau (Hendra) juga mengetahui bahwa potensi di Jambi ini sangat baik, baik itu potensi terhadap Sumber Daya Alam, Perkebunan Wisata, dan Energi Tambang. Jambi juga memiliki Pelabuhan dan Bandar Udara.

"Kita juga memiliki pelabuhan yang memang masih diperlukan, kemudian Bandar Udara yang dulu pak Hendra lagi di sini hanya ada satu tapi sekarang kita ada tiga yang semuanya itu perlu dukungan dan doronganlah, sehingga terlihat ekonomi di Jambi ini kedepannya," ujarnya.

Beliau dalam hal ini menangani secara langsung melalui konektivitas dengan 83 negara yang di bawah koordinasi beliau (Hendra) yang memiliki link.

"Karena beliau Putra Jambi dan beliau merasakan bahwa memiliki tanggung jawab dan beban juga, bagaimana beliau untuk memajukan Jambi," imbuhnya.

Dirinya berharap, potensi yang sudah disampaikan baik dari Pemprov Jambi maupun OPD dapat dilihat beliau (Hendra) agar dapat mengundang dan memanggil investor asing dari negara luar yang dibawah koordinasinya untuk berinvestasi di Jambi.

"Saya berharap dan berkeyakinan karena beliau memiliki komitmen untuk membangun Jambi ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Eropa Wilayah II, Hendra Halim mengatakan telah mengidentifikasi sektor 2 yang ada di Provinsi Jambi yang dilihat dan di kembangkan yaitu Sawit dan Karet.

Bukan hanya mengekspor komoditi, tapi bagaimana membawa teknologi dan investasi dari negara Eropa datang ke Jambi.

Kemudian juga mengenai Sumber Daya Manusia dirinya melihat serta mendorong pemuda-pemuda Jambi mendapatkan pendidikan di luar negeri melalui beasiswa ataupun kerjasama. 

Selain itu, Provinsi Jambi dikenal memiliki hutan hujan yang sangat luas. Maka dirinya berupaya agar hutan hujan itu dapat menjadi manfaat yang sangat besar untuk masyarakat Jambi.

"Salah satu tujuan kami disini juga melihat dilapangan, hasilnya apa kami akan Koordinasi dengan dubes-dubes tidak hanya masalah konservasi tapi juga dampak untuk pemanfaatan bagi masyarakat setempat," tandasnya. (uya)