Jambi - Acara Halalbihalal lingkup Pemerintah Provinsi Jambi digelar pada hari kedua masuk kerja setelah masa libur bersama Idul Fitri 1440 H/2019 M di Lapangan Dalam Kantor Gubernur Jambi, Selasa (11/6/19). Dalam Halalbihalal tersebut, Fachrori menekankan sekaligus mengajak seluruh pegawai, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) untuk lebih semangat melaksanakan tugas, untuk meningkatkan kinerja.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Neta Aryani Dianto juga turut serta dalam Halalbihalal itu.

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, memaknai acara Halalbihalal kali ini menjadi wadah memperkuat silaturahmi diantara sesama pegawai terutama dalam urusan pekerjaan guna meningkatkan semangat membangun Jambi. "Dengan saling memaafkan kita memiliki semangat yang lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita," ujar Gubernur Jambi.  

Halalbihal merupakan kesempatan baik untuk saling memaafkan dan saling mengikhlaskan kesalahan maupun kekhilafan dalam menjalani rutinitas kerja maupun dalam kehidupan sosial bermasyarakat. "Mari kita tingkatkan kinerja, tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, kita bekerja secara sinergis demi kemajuan Provinsi Jambi," kata Fachrori. 

Gubernur Jambi menyampaikan ciri orang yang bertaqwa yaitu memaafkan kesalahan orang lain terhadap dirinya sesuai dengan ajaran Islam. "Orang yang menginfaqkan hartanya baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang orang yang menahan amarahnya dan memaafkan," jelas Fachrori. 

Sebelumnya, dalam sambutannya, Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si menyampaikan bahwa suasana kegembiraan dan kebahagiaan perayaan Idul Fitri setelah berpuasa sebulan penuh lebih bermakna dengan saling memaafkan atas segala salah dan khilaf diantara sesame. "Keinginan untuk saling memaafkan serta meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat dalam acara halalbihalal ini dengan saling berjabat tangan merupakan bukti keinginan untuk lebih membersihkan hati," jelas Sekda. 

Halalbihalal diharapkan menghangatkan hubungan yang membeku hingga cair kembali dan saling membuka hati, untuk saling memaafkan yang sangat penting menjaga suasana kerja yang nyaman. "Memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan antar sesama," kata Sekda. (*/uya)