JAMBI - Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos, M.H., membuka kegiatan pengibaran seribu bendera di Jembatan Pedestrian Gentala Arasy Minggu (15/8). 

Kegiatan ini bertujuan membangkitkan rasa patriot dan nasionalisme masyarakat di tengah situasi Covid-19 menuju HUT RI Ke- 76 pada 17 Agustus mendatang. 

Gubernur Al Haris turun langsung memasangkan bendera merah putih di tengah jembatan pedestrian saat hujan mengguyur. 

Haris menyatakan tujuan pengibaran bendera ini untuk mengenang perjuangan para pejuang. "Kita tak boleh menyerah apalagi dalam pandemi Covid-19 ini, kita mesti bangkit melawannya, kita harus mampu tegak berdiri," ujar Gubernur.

Dengan seribu bendera ini yang berkibar diatas Sungai Batanghari ini, Haris mengharapkan masyarakat tak pernah lelah seperti semangat merah putih yang terus berkibar. Selain di jembatan pedestrian ini, Gubernur mengatakan juga dikibarkan 500 bendera merah putih di kawasan Tugu Juang pada Senin (16/8) pagi. "Jangan pernah lelah terus berjuang membangun negeri ini untuk bangsa ini," jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sri Purnama Syam mengatakan acara pengibaran bendera ini dirancang pada tiga atau empat hari lalu. "Kita terpikirikan di era covid perlu meningkatkan nasionalisme kembali dengan konsep kekinian. Yakni dengan menggunakan simbol bendera. "Diharapkan dengan melihat berkibarnya bendera merah putih rasa patriot dan nasionalisme masyarakat semakin tinggi," jelasnya.

Sri juga menyebut intinya di tengah pandemi Covid ini dengan mematuhi imbauan pemerintah juga merupakan suatu perjuangan. 

Pada kesempatan yang sama, juga diserahkan penghargaan kepada donatur benda sejarah yang disumbangkan ke museum Siginjai.

Penghargaan pertama diserahkan kepada Komandan Korem 042 Garuda Putih Brigjen M.Zulkifli yang telah menyerahkan satu offset Harimau Sumatera. Lalu penghargaan kedua, kepada Hepni yang telah menyerahkan hibah 1 pucuk pistol Vlinlog dan kepada Suhiyar yang menyerahkan hibah 2 buah keris. 

Turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Abdullah Sani, M.Pd.I, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman S.H.M.H. (uya)