Bungo - Ketua TP- PKK Provinsi Jambi yang juga sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Hesti Haris, mengunjungi gedung Dekranasda dan Rumah Produksi Batik Bersama di Kabupaten Bungo, Kamis (26/8).

Hj. Hesti bersama pengurus TP PKK Provinsi Jambi melihat dan berdialog langsung dengan Ketua TP PKK Kabupaten Bungo Hj Verawati Mashuri  

dalam dialog tersebut Hj. Hesti Haris mengharapkan agar TP PKK dan Dekranasda Bungo terus membina para pengrajin dan terus melakukan pengembangan produk kerajinan, untuk meningkatkan kehidupan dan perekonomian masyarakat.

Ditemui usai kunjungan, Hj. Hesti Haris, memberikan apresiasi terhadap inovasi alat pengecatan yang terbuat dari alumunium yang dinilainya sangat efektif dan efisien. "Saya sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan, saya yakin bahwa mereka yang disini terus belajar dan berinovasi, karena ilmu memang harus dipelajari. Tapi mereka disini mempunyai inovasi-inovasi, diantaranya sudah menciptakan alat untuk pengecatan yang selama ini selalu dari bahan tembaga dengan harga yang lebih mahal, biasa diluar daerah atau ditempat kita harus menunggu lama hasil cetak atau cap yang jadi, tapi mereka sudah bisa menghasilkan dari bahan alumunium dengan bahan harga lebih murah dikerjakan dalam waktu singkat atau cepat, "ujar Hesti.

Dijelaskan Hesti bahwa dengan alat ini pemakaian pengecapannya lebih ringan. " Hanya saja mempunyai kelemahan tidak tahan lama dibandingkan dengan harga yang lebih mahal, yang menggunakan bahan tembaga 1 alat cap di angka satu juta sedangkan alumunium 10 alat cap dalam angka satu juta. Saya yakin dengan inovasi yang terus dilakukan dapat meningkatkan kreatifitas sesuai dengan keinginan mereka, sehingga akan kaya dengan motif kedepannya, " ucapnya. 

Hj. Hesti menyatakan dengan adanya Rumah Batik Bersama yang dibantu oleh Dekranasda dalam pengembangan produk batik, akan membantu perekonomian masyarakat dan juga meningkatkan budaya dan memperkaya kerajinan batik di kabupaten Bungo. (*)