JAMBI - Kemeriahan peringatan ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 masih sangat terasa di Kota Jambi. Setelah sebelumnya menggelar berbagai kegiatan dalam rangkaian HUT RI diberbagai tempat dalam Kota Jambi, kini Pemerintah Kota Jambi menggelar puncak perayaan HUT RI tersebut dengan hiburan rakyat yang berlangsung di lokasi Car Free Night (CFN) pada Sabtu malam (malam ini-red) dan berbagai lomba gembira serta panjat pinang di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi, Minggu pagi (25/8) yang dikemas dalam tema "Semarak Merah Putih".

Semarak Merah Putih akan berisi, senam merah putih, aneka lomba gembira, seperti, lomba tangkap belut, lomba tangkap bebek, joget balon, makan kerupuk, sendok klereng, balap karung, sepakbola mini, serta lomba panjat pinang yang berisi total hadiah ratusan juta rupiah.

Acara yang terbuka untuk masyarakat umum itu diyakini akan berlangsung sukses dan meriah. Untuk menambah kemeriahan itu, masyarakat diimbau mengenakan dresscode bernuansakan merah putih.

Demikian dikatakan Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Jambi, Abu Bakar, Sabtu (24/8).

Abu Bakar menambahkan, panitia menyediakan hadiah sepeda motor dan sejumlah hadiah menarik lainnya dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

"Ayo, yang mau motor, dan berbagai hadiah menarik lainnya silahkan besok (Minggu-red) ikuti Semarak Merah Putih dilapangan utama Kantor Wali Kota," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat tidak hanya bisa ikut senam merah putih, aneka lomba gembira dan panjat pinang, namun juga dapat menikmati hiburan dan kuliner gratis yang sudah disiapkan panitia.

"Bukan cuma olahraga, lomba-lomba dan panjat pinang, namun juga ada hiburan dan berbagai ragam kuliner yang dapat dinikmati, gratis," tambahnya.

Abu Bakar menegaskan, kemeriahan acara tersebut, tidak menggunakan APBD, namun partisipasi berbagai pihak. "Tidak menggunakan APBD, namun partisipasi dari berbagai pihak yang tidak mengikat dan merasa terpanggil untuk memeriahkan puncak perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ini," tegasnya.

Menurut Abu Bakar, Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta keluarga juga akan turut hadir memeriahkan acara tersebut.

"Kami mengundang segenap masyarakat Kota Jambi, untuk hadir besok pagi, karena bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta keluarga juga akan turut hadir meramaikan acara ini," ajaknya.

Untuk jumah pohon pinang, Abu Bakar menjelaskan, Pemkot telah menyiapkan 74 pohon pinang, sebanyak 31 pohon pinang di lombakan di lapangan Kantor Wali Kota, sementara sisanya di sebar di kecamatan-kecamatan dan kelurahan dalam Kota Jambi. Untuk dilapangan utama kantor Wali Kota, sistem perlombaannya juga akan berlangsung seru, karena dibuat dalam berbagai babak, penyisihan, semi final dan final.

"Nantinya setiap Kecamatan akan mengirimkan minimal sebanyak 7 tim panjat pohon pinang. Selanjutnya mereka akan bersaing memanjat sebanyak 25 pohon pinang terlebih dahulu. Setelah itu, pemenang dari masing-masing 25 pohon pinang tersebut akan kembali diadu untuk memanjat sebanyak 5 pohon pinang di babak semi final. Selanjutnya, pemenang dari masing-masing kelima pohon pinang itu akan kembali diadu untuk memanjat satu pohon pinang dengan hadiah sepeda motor," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan media sore ini, tampak sejumlah orang sibuk mempersiapkan properti lomba di lapangan utama Kantor Wali Kota Jambi. Selain menyiapkan arena, sejumlah hadiah lomba juga sudah tampak mulai disusun, termasuk sepeda motor sebagai hadiah utama lomba panjat pinang. (cen)