Hj Hesnidar Haris: Ini Organisasi Perempuan Berkaitan dengan LAM

Merangin - Bupati Merangin H Mashuri menyaksikan pelantikan pengurus Himpunan Perempuan Melayu Jambi (HPMJ) Kabupaten Merangin periode 2023 – 2028, di Ruang Pola Kantor Lama Bupati Merangin, Jumat (17/3).

Pelantikan ‘Kartini-kartini’ Merangin yang berlangsung khidmat tersebut, dilakukan Ketua HPMJ Provinsi Jambi Hj Hamimah Nasri melalui wakil ketua HPMJ Provinsi Jambi Hj Sumardiyati Khairil. Tampak hadir, Sekda Merangin Fajarman,

ketua penasehat HPMJ Provinsi Jambi Hj Hesnidar Haris, ketua penasehat HPMJ Merangin Hj Nurhaida Mashuri dan ketua dua Ny Juniarti Nilwan, ketua Dewan Masjid Arfandi, ketua LAM Merangin Abdullah Gemuk. Dilantik sebagai ketua HPMJ Merangin Hj Siti Aminah, wakil ketua Hj Nurhidayati, Hj Rosmoyarni, Hj Hasbiah, Hj Nurhazimah dan Ny Fauziah, Sekretaris Feronita, wakil sekretaris Eviliani Ibrahim, bendahara Hj Eliawati, wakil bendahara Hj Media Burhan.

Bupati Merangin H Mashuri dalam sambutannya, mengaku sangat bersyukur, karena telah lahir satu organisasi perempuan di Kabupaten Merangin, yang merupakan wadah bagi perempuan Melayu Jambi menyalurkan ide-ide dan kreativitasnya.

‘’Peran perempuan sangat strategis dalam pembangunan dan tentunya perempuan Melayu mempunyai kesempatan dan peluang yang sama untuk berkiprah di semua aspek pembangunan,’’ujar Bupati.

Saat ini lanjut bupati, dapat dilihat perempuan Melayu ada beberapa yang telah menduduki posisi di berbagai bidang, tentunya hal ini perlu didorong, sehingga partisipasi perempuan semakin meningkat.

‘’Saya sangat mengharapkan HPMJ ini juga bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Mari besama-sama kita membangun Merangin yang sama-sama kita cintai. Kami sangat menantikan terobosan dan inovasi-inovasi dari HPMJ Merangin untuk berkontribusi dan bersinergi bersama Pemerintah Daerah,’’pinta Bupati.

Terpisah, Ketua Penasehat HPMJ Provinsi Jambi Hj Hesnidar Haris menegaskan, banyak organisasi perempuan di Jambi, tapi HPMJ adalah organisasi perempuan yang ada kaitannya dengan Lembaga Adat Melayu (LAM). ‘’Jadi HPMJ harus benar-benar bekerja sama dan bersinergi dengan LAM dalam mendukung, memajukan pembangunan di Provinsi Jambi, termasuk di Kabupaten Merangin,’’ujar Ketua TP PKK Provinsi Jambi ini.

Hj Hesnidar Haris juga mengaku salut dengan Mars HPMJ, yang menegaskan siap untuk mamajukan Provins Jambi, siap memajukan perempuan Jambi. Diharapkan istri Gubernur Jambi ini, semua itu tidak hanya lirik lagu, tapi harus menjadi kenyataan dan tujuan mulia HPMJ. Pada kesempatan yang sama juga dilantik, Ketua bidang organisasi Hj Nurhasanah, ketua bidang ekonomi Ny Evi Suzana, ketua bidang sosial budaya Hj Maryatun, ketua bidang pendidikan dan latihan Hj Jamilah dan ketua bidang umum dan humas Hj Kris Ismawati. (Les)