HALOJAMBI.ID,MUARO JAMBI - Penjabat bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah,SH.MH Menghadiri Rapat Pembentukan dan Evaluasi Jejaring Skrining Layak Hamil, ANC (Antenatal Care), dan pencegahan Stunting Tingkat Kabupaten Muarojambi Tahun 2023 yang bertempat di Rumah kito resort hotel,Rabu (21/06/2023).

PJ bupati dalam sambutannya mengatakan para peserta yang hadir mulai dari kecamatan hingga puskesmas ini agar terlibat dan mendukung terlaksananya sosialisasi serta terbentuknya tim jejaring mulai dari melakukan identifikasi sampai pada pengentasan,ucapnya .

“Alhamdulillah, mulai dari IBI, IDI, pihak kecamatan dan Puskesmas se-Kabupaten Muarojambi, orang-orang yang merupakan ujung tombak di bidang kesehatan, hadir di sini untuk mengikuti rapat dan pembentukan jejaring ini. Ini adalah salah satu bentuk tekad kita untuk menurunkan angka stunting di kabupaten Muarojambi dan memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat terutama ibu dan bayi,” ungkapnya.

Diungkapkan Pj bupati Bachyuni, permasalahan gizi yang ada di Indonesia saat ini memiliki dampak serius terhadap kualitas SDM, terutamanya dalam masalah stunting dan wasting pada balita juga masalah anemia dan KEK (Kurang Energi Kronik) pada ibu hamil,sambungnya. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut,

Bupati menjelaskan perlu adanya intervensi spesifik pada sasaran layak hamil dan masalah stunting yang diatur mekanisme skrining layak hamil dan skrining stunting oleh rumah sakit, Puskesmas, hingga Posyandu, sebagai ujung tombak dalam melakukan penanganan tindakan kedokteran dan medis lainnya,ujarnya.

"Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa membentuk tim jejaring skrining layak hamil dan stunting, serta terbentuknya alur rujukan dan jejaring antara Fasyankes dalam penanganan stunting,"tuturnya.(Mar/Red)