KUALA TUNGKAL - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat gelar upaca Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjab Barat ke 54 di lapangan kantor Bupati Tanjab Barat, Sabtu (10/8/2019).

Acara di hadiri oleh Wakil Bupati, PJ Sekda, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Anggota DPRD, unsur Forkopinda, Ketua Pengadilan, ara Pejuang/Veteran, para Perwira TNI/Polri, Ketua PKK, para Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, Pimpinan Instansi Vertikal, para Camat, para Lurah serta Kades se Kabupaten Tanjab Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Tanjab Barat Safrial mengajak seluruh masyarakat Tanjab Barat untuk menjadikan Hari Jadi Tanjab Barat sebagai sarana mawas diri atau introspeksi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan dengan karya dan prestasi.

"Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan taufik, hidayah, kesehatan lahir dan batin agar kita semua dapat melangkah bersama-sama bergandengan tangan melaksanakan pembangunan," ujarnya.

Safrial mengatakan, dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Tanjung Jabung Barat selama ini, dia mengajak para hadirin untuk memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya.

"Kepada pendahulu dan para pendiri Kabupaten Tanjab Barat, dengan hormat kami sampaikan salam takzim. Ungkapan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik pada bumi serta tujuan yang sama-sama kita cintai dan banggakan ini," ucapnya.

Dia menambahkan, melihat pembangunan Kabupaten barat yang telah berjalan selama 54 tahun, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kualitas hidup masyarakat memang telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan di semua sektor seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, perekonomian, berbagai fasilitas pemerintahan, fasilitas umum dan fasilitas sosial.

"Sedangkan faktor non fisik seperti sumber daya manusia atau SDM pembangunan mental dan spiritual rasa aman damai dan sejahtera terus meningkat," ucapnya.

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diiringi dengan bertumbuhnya daya saing perekonomian, Safrial melanjutkan bahwa aksebilitas masyarakat terhadap layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh, Pemkab Tanjab Barat telah melaksanakan berbagai upaya diantaranya melalui peningkatan penerimaan dan pembiayaan melalui APBD tahunnya.

"Pada tahun 2018 pendapatan daerah sebesar Rp 1,38 Triliun meningkat menjadi Rp 1,54 triliun, pada tahun 2019 akan naik sebesar 12 persen.

Atas nama kepala daerah yang seluruh perangkat daerah seluruh rakyat daerah dan masyarakat Kabupaten Tanjab Barat, Safrial menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya atas prestasi yang berhasil diraih

"Penghargaan yang diterima menunjukkan bukti menunjukkan bukti bahwa masyarakat Kabupaten Tanjab Barat telah bisa berdiri sejajar dengan daerah lain dalam pelaksanaan pembangunan.

Di akhir sambupatan, Safrial mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Mari jadikan Idul Adha sebagai momentum menyambung tali silaturahmi melatih kepekaan empati dan mengikis kebencian di hati selamat berbagi dan berkurban Mohon maaf lahir dan batin.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan SK pensiun serta penghargaan Satya Lencana Karya Bakti, juga pertunjukan seni silat, tari kolosal dan kuliner rakyat. (*)