Jambi - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jambi menggelar acara donor darah di kantornya yang beralamat di Jln. Prof. DR. Soemantri Brojonegoro No. 12A, Kel. Selamat, Kec. Danau Sipin, Kota Jambi. Selasa (26/10/2021). 

Kepala Kantor  Perwakilan OJK provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata mengatakan kegiatan donor darah ini dalam rangka memperingati HUT OJK ke-10, OJK Pusat melalui Deprtemen Organisasi Sumber Daya Manusia (SDM) rutin mengadakan setiap tahun kegiatan donor darah. 

"Kegiatan donor darah ini dilakukan di seluruh Indonesia, tapi hanya beberapa kantor perwakilan saja yang melaksanakan seperti salah satunya di Provinsi Jambi. Alhamdulillah kantor ojk jambi selalu dipercaya untuk diamanahkan menyelenggarakan donor darah," ujarnya saat acara donor darah berlangsung. 

Alasan utama OJK perwakilan Jambi selalu ditunjuk sebagai salah satu penyelenggaraan donor darah karena ketersediaan SDM di Jambi karena sudah terbiasa melaksanakan event seperti ini. Tidak hanya itu saja, antuasisme masyarakat untuk mengikuti donor darah juga cukup tinggi. 

"Alhamdulillah antusiasnya cukup tinggi, tempat lain juga sama tapi mungkin karena disini sudah terbiasa melaksanakan jadi dipercaya melaksanakan kembali kegiatan donor darah," jelas Yudha. 

Ia menyampaikan tujuan diadakannya donor darah adalah untuk kemanusiaan membantu sesama karena setetes darah sangat berguna bagi yang membutuhkan. 

"Jadi pandemi Covid-19 memberikan pelajaran kepada kita bahwa manusia itu makhluk lemah dan mengajarkan kita untuk bersikap saling tolong menolong. Acara donor darah ini kita sebagai makhluk sosial saling memberikan pertolongan satu sama lain. Kami mengharapkan untuk saudara yang ingin mendonorkan darahnya silahkan untuk memberikan waktu luangnya," tuturnya. 

Ia menyebutkan donor darah HUT ke-10 OJK Jambi bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini menargetkan sebanyak 100 kantong darah. 

Pada kesempatan ini, Ia juga berterimakasih kepada perwakilan Industri Jasa Keuangan (IJK) yang sudah hadir dan memberikan darahnya untuk di donorkan beserta peserta yang hadir lainnya tidak bisa disebutkan satu persatu. 

"Insyaallah amal baiknya dan donor darahnya dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mendapatkan balasan yang setimpal," kata Yudha. 

Ia menambahkan kegiatan donor darah ini sudah mendaftar sebanyak 114 orang secara online. Mudah-mudahan kegiatan donor darah berikutnya tidak hanya memperingati HUT OJK saja tetapi juga dilakukan secara berkala. 

Selain donor darah, OJK Jambi juga melaksanakan berbagai macam kegiatan mulai dari internal dan eksternal. 

Untuk kegiatan internal, diadakan perlombaan bagi karyawan di setiap kampung dan Desa. 

Sedangkan kegiatan eksternal seperti kegiatan donor darah, bulan Inklusi Keuangan yakni edukasi, literasi keuangan, membuka gerakan Jambi menabung dengan melibatkan Pemerintah Provinsi Jambi. 

"Kita juga memberikan materi kepada seribu pelajar pada Jum’at (29/10/2021) di Korem 042/Gapu dan meminta untuk membuka rekening kepada seribu pelajar tersebut. Selain itu juga mengadakan dialog interaktif terkait pinjaman online ilegal  dengan beberapa media seperti Radio, TV, vetak dan online," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Subbagian Pengelolaan Fasilitas SDM dan K3 OJK Pusat Aniche Meyske M mengucapkan terimakasih kepada OJK Jambi yang telah mengadakan kegiatan donor darah. Masyarakat juga terlihat antusias dalam kegiatan tersebut. 

"Terimakasih antusiasi dari para peserta donor darah ini sangat baik, kami melihat antusias dari pendonor sangat tinggi dan acara kegiatannya berjalan lancar," ujarnya. 

Ia menambahkan kegiatan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian serta ucapan rasa syukur dalam rangka memperingati 1 dasawarsa OJK.