Jambi - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jambi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi melakukan pemusnahan barang bukti sitaan narkotika jenis sabu, pil ekstasi dan ganja. Selasa (9/7/2019).

Bertempat di lapangan Mapolda Jambi, acara pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS. 

Adapun barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 1,99 kilogram sabu, 9682 butir pil ekstasi dan 14,5 kilogram ganja. 

Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS mengatakan pemusnahan barang bukti narkotika ini untuk memberikan kepastian agar tidak disalahgunakan. 

"ada sebagian disisihkan barang bukti di persidangan dan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat supaya bersama-sama hindari generasi muda dari narkotika yang dapat menghancurkan masa depan," ujarnya. 

Dijelaskan Kapolda Jambi, dengan dimusnahkannya barang bukti narkotika sabu, pil ekstasi dan ganja tersebut dapat menyelamatkan sekitar 54.000 orang di Provinsi Jambi. 

"Kita sudah cegah dengan memusnahkan barang bukti, kita sudah bisa menyelamatkan sekitar 54 ribu orang sebagai pengguna narkotika," sebutnya.

Muchlis menyampaikan barang bukti yang dimusnahkan tersebut disita dari pengungkapan sejumlah kasus dalam dua bulan terakhir dengan 9 orang tersangka. Jika diuangkan barang bukti tersebut mencapai Rp 10 miliar.

Lebih lanjut, Muchlis mengajak semua pihak untuk bersinergi dan bersama-sama berkomitmen mencegah peredaran gelap narkotika, khususnya di Provinsi Jambi.

"Narkotika ini termasuk kejahatan luar biasa. Mari sama-sama kita menekan peredarannya, dan mengurangi penggunanya," pungkasnya.

Acara pemusnahan barang bukti juga dihadiri Staf Ahli Gubernur Jambi Asraf, Kabid Pemberan BNNP Jambi AKBP Agus Setiawan, Kakanwil Kemenkumham Jambi, perwakikan Kejati Jambi, serta pihak terkait lainnya.

Untuk diketahui, pemusnahan barang bukti dilakukan menggunakan alat khusus yang disebut dengan mobile incinerators milik BNN Provinsi Jambi. Sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti. (uya)