SAROLANGUN - Anggota Polsek Pauh, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun berhasil meringkus empat komplotan bongkar rumah milik SN (24) Desa Lubuk Napal, Kecamatan Pauh.

Dimana sepeda motor korban jenis Honda Beat dan satu buah senjata senapan angin keadaan bagus seharga 2 juta milik korban dicuri oleh ke empat komplotan tersebut. 

Keempat pelaku tersebut diantaranya, (HN) warga desa ketiduran baru, (FD) Warga Desa Lubuk Napal, (HG) Warga Desa Belango Kecamatan Sekayu Kabupaten Banyuasin Provinsi Palembang , (IW) Warga Nibung Kabupaten Muara tara, Provinsi Palembang.

Tertangkapnya komplotan ini bermula di tangkapnya HG Warga Desa Belango pada hari Jumat 17 januari 2020 sekitar pukul 17:00 WIB. 

Usai ditangkap tersangka HG , dilakukan pengembangan perkara/introgasi sehingga berhasil ditangkap ketiga rekannya dirumah masing-masing tanpa melakukan perlawanan.

Kapolres Sarolangun AKBP Deny Heryanto, S.IK, M.Si melalui Kapolsek Pauh IPTU I.B. Made Oka Wijaya, SH mengatakan pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2020, sekira pukul 17.30 WIB, Pelapor Pulang dari kerja dan memasukan sepeda motor honda beat kedalam rumah dalam keadaan kunci menempel di Swis sepeda motor.

 Pada tanggal 16 Januari 2020 saat orang tua pelapor hendak ke Mesjid melaksanakan Sholat Subuh orang tua pelapor melihat sepeda motor honda beat sudah hilang dan melihat pintu samping sudah dalam keadaan terbuka." Selain motor, barang yang hilang 1 buah senapan angin dalam keadaan bagus seharga 2 juta rupiah. Selanjutnya korban melaporkan kejadian tersebut ke polsek Pauh untuk proses Tindak Lanjut, "katanya. 

Laporan Polisi Nomor : LP/B- 04 /I/2020/JMB/RES SRL/SEK Pauh, Tanggal 16 Januari 2020, Pada hari Jumat tgl 17 Januari 2020 sekira pkl. 17.00 wib anggota reskrim telah mengamankan 1 orang pelaku HG setelah dilakukan interogasi terhadap Pelaku yang di aman kan oleh Reskrim Polsek Pauh mendapat informasi bahwa pada saat melakukan pencurian di rumah Korban, Pelaku HG Bersama dengan 3 orang.

Setelah mendapat informasi dari keterangan HG anggota Reskrim Polsek Pauh langsung melakukan pengejaran terhadap 3 orang pelaku lainnya dan meluncur ke Tempat keberadaan pelaku.

Pada tanggal 20 Januari 2020 sekira Pukul 22.00 wib Pelaku IG di tangkap oleh anggota Reskrim Polsek Pauh di rumah nya di Rt 13 Pauh Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun dan pada Pukul 23.00 wib anggota Reskrim Polsek Pauh Melakukan pengejaran terhadap pelaku FD dan anggota Reskrim Polsek Pauh Melakukan penangkapan terhadap FD di rumah orang tua nya di Desa danau serdang Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun.

Pada tanggal 21 Januari 2020 sekira pukul 02.00 wib anggota Reskrim Polsek Pauh melakukan pengejaran terhadap pelaku penerima barang curian tersebut namun tidak ditemukan, kemudian pelaku langsung dibawa ke polsek Pauh guna proses lebih lanjut.

Barang bukti yang didapatkan pelaku tersebur diantaranya, (Satu) Buah Kikir, (satu) Helai Baju warna biru,abu-abu, (satu) Helai Celana Levis panjang warna hitam, (satu) buah topi warna hitam, (satu) unit SPM Satria FU (kendaraan yang digunakan pelaku pada saat melakukan pencurian), (satu) unit SPM Mio J (yang digunakan pelaku pada saat melakukan pencurian). 

Ke empat komplotan pelaku tersebut harus bertanggung jawab atas perbuatannya, Dengan ancaman penjara tindak pindana “Pencurian dengan pemberatan” pasal 363 ayat 2 KHP Pidana,"ujarnya.(regi)