Merangin - Adat Budaya "Ompek Ganjie Limo Gonok" kepunyaan masyarakat Tabir Barat Kabupaten Merangin desa kibul provinsi Jambi, sudah tercatat sebagai warisan budaya nasional tak benda di kementrian.

Adat berbalas pantun itu ternyata dianggap seksi oleh para kalangan pecinta budaya. Bahkan baru-baru ini, acara itu sudah ditampilkan dihadapan Gubernur Jambi dan pejabat pusat dari Jakarta.

Diinisiasi oleh Sanggar Seni Batin Penghulu Kabupaten Merangin, adat ini dibuatkan event bagi sekolah setara SLTA se kabupaten dan desa desa di Kecamatan Tabir Barat. Desa Muara Kibul ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kadesnya, Sandri Can Indra (SCI) menyambut baik acara tersebut. Dia juga terlihat sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan. Selain mempersiapkan tempat agar terlihat meriah, SCI juga tak segan segan turun ke tengah masyarakat guna mensosialisasikannya.

"Alhamdulillah, warisan adat kita sudah tercatat di pusat sebagai warisan leluhur budaya tak benda. Kabar baiknya, kegiatan ompek ganjie limo gonon dalam wakyu dekat kita lombakan se kabupaten merangin,"ujar SCI di sela sosialisasinya ditangah masyarakat di pasar kalangan, Rabu (14/9/2022).

SCI mengatakan, event besar itu akan dibuka oleh Gubernur Jambi, Alharis dan dihadiri oleh pejabat dari kementrian pusat. "Kita adakan dua hari full, Sabtu dan Ahad minggu ini,"sebutnya.

Di pasar kalangan, SCI tampak terus berinteraksi bersama masyarakat, dia terlihat tak segan segan menjelaskan konsep event tersebut kepada warga yang tampak bertanya terus menerus.(les)