KUALA TUNGKAL– Pemkab Tanjab Barat melalui BKPSDM kembali ditunjuk sebagai Panitia Rayon Daerah untuk Provinsi Jambi sekaligus tempat seleksi Penerimaan Taruna Baru STP Jakarta Tahun Akademik 2019/2020. Sesuai Surat Ketua STPJakarta Nomor : B.1835/STP/TU.210/III/2019 tanggal 27 Maret 2019.

Karena itu pula Pemkab Tanjab Barat kembali membuka Fasilitasi Pendaftaran bagi putra putri Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang berminat menjadi Calon Taruna Taruni di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta tahun 2019.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Kabupaten Tanjab Barat, Drs. Encep Jarkasih mengatakan Ini pembukaan rayon daerah kedua dengan Sekretariat di Kantor BKPSDM.

“Tahun lalu kita sudah melakukan tes di sini dan menerima 6 orang untuk menjadi taruna dari 43 lebih yang mendaftar,” ungkap Encep Jarkasih belum lama ini.

Encep menjelaskan, penerimaan taruna STP tahun 2019 dibuka melalui dua jalur, yakni jalur khusus dan jalur umum rayon daerah yang proses pendaftarannya sama melalui portal online.

“Jalur khusus untuk anak putra putri pelaku utama perikanan (nelayan) Kabupaten Tanjab Barat. Jalur umum untuk calon umum bukan anak nelayan, mereka bisa saja dari luar Kabupaten Tanjab Barat,” terangnya,

Pendaftaran telah dibuka sejak 16 April hingga 30 Juli 2019 secara online melalui portal resmi pendaftaran http://www.pusdik.kkp.go.id/psb. Petunjuk pendaftaran dan persyaratan ada di portal ini.

“Selanjutnya, setelah mendaftar online seluruh berkas persyaratan didaftarkan ke Panitia Seleksi Daerah yang sekretariatnya berada di BKPSDM untuk mendapatkan rekomendasi dari panselda. Kecuali pelamar jalur khusus, berkas lamaran langsung di kirim ke panitia pansel Pusat, copynya ke Panselda Tanjab Barat,” jelasnya.

Encep menambahkan, seluruh tahapan seleksi pendaftaran STP dilaksanakan di di Kabupaten Tanjab Barat kecuali seleksi administrasi secara online.

“Mumpung waktunya pendaftaran masih panjang, kita berharap putra putri Kabupaten Tanjab Barat dari anak nelayan maupun umum dapat memanfaatkan peluang untuk Kuliah Kedinasan di STP dengan beasiswa penuh selama pendidikan dan di asramakan,”imbaunya.(red)