Upacara Hari Pertama Masuk Kerja Pasca Lebaran

Merangin - Tidak ada orang-orang sukses dalam hidupnya, tanpa memegang teguh kedisiplinan. Setiap orang yang sukses, pasti selalu disiplin dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, pada upacara kedisiplinan hari pertama masuk kerja pasca Lebaran Idul Fitri 1440 H kemarin (10/6), di halaman depan Kantor Bupati Merangin.

‘’Disiplin modal utama dalam bekerja. Islam telah mendidik kita untuk berdisiplin melalui Puasa Ramadhan dan shalat lima waktu. Untuk itu para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus terus meningkatkan disiplin kerjanya,’’ujar Bupati.

Dijelaskan bupati kalau beliau dari kecil sudah terdidik hidup berdisiplin. Mulai mau tidur sikat gigi dan tidak lupa mengambil wudhu. Begitu juga dengan bangun tidur merapikan tempat tidur, hingga ucapkan salam ke orang tua bila berpergian.

‘’Orang yang berdisiplin akan semakin teratur hidupnya, terkonsep dan berkarakter. Tidak perlu mencari-cari perhatian atas, yang penting bekerja dengan baik dan Allah akan menunjukan orang seperti itu kepada saya,’’tegas Bupati.

Menariknya pada upacara tersebut, semua sekretaris dinas (Sekdin) diminta bupati melapor kehadiran pagawainya. Dari laporan yang disampaikan Sekdin itu, bupati yakin masih ada yang ditutup-tutupi terkait kehadiran stafnya.

‘’Kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja ini akan saya cek ulang. Bagi yang tidak masuk akan dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negari sipil,’’terang Bupati.

Pada hari pertama masuk kerja itu, dari 5.943 orang ASN Pemkab Merangin yang tidak masuk dengan berbagai alasan sebanyak 147 orang. Bupati akan mempelajari alasan izin pegawai yang tidak masuk.

Usai upacara bupati menyerahkan penghargaan kepada para pendidik berprestasi tingkat Kabupaten Merangin. Untuk guru TK terbaik Gina Herlinda dari TK Baitussalam Bangko, guru SD terbaik Emi Andriani dari SD 189/VI Pinang Merang, guru SMP terbaik Siska Yulia Sari dari SMP N 04 Merangin. (Les)