Dari Presiden RI Diserahkan Menko PMK Puan Maharani

Merangin - Bapati Merangin H Al Haris dianugerahi tanda kehormatan Satyalencana Pembangunan bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2019 dari Presiden RI, Joko Widodo.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, pada acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV di Banjarmasin Kalimatan Selatan, Jumat (5/7).

Satyalencana Kependudukan tersebut, merupakan penghargaan dari Presiden RI kepada kepala daerah yang sukses mendorong pembangunan bidang KKBPK.

Diraihnya penghargaan itu, karena H Al Haris dinilai Presiden sangat peduli dan mempunyai komitmen dalam menyukseskan program KKBPK di Kabupaten Merangin.

‘’Kita berharap kedepannya kualitas kehidupan semua keluarga semakin meningkat dan angka perceraian semakin menurun. Anak-anak harus memiliki masa depan yang baik dan tumbuh menjadi anak yang sholeh,’’ujar H Al Haris.

Anak lanjut bupati, merupakan pemimpin dimasa depan yang lahir dari keluarga keluarga yang diberkahi dan diridhoi Allah, cukup sandang pangannya serta pendidiknya.

‘’Dari keluargalah dimulainya membangun bangsa yang pada akhirnya menjadi bangsa sejahtera dan bahagia, sehingga terbentuk karakter bangsa yang baik dan utuh,’’terang Bupati.

Pada acara yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan itu tampak hadir, selain Menko PMK Puan Maharani juga hadir Menteri Kesehatan RINila Moeloek, Kepala BKKBN Pusat Dr Hasto Wardoyo.

Hadir pula sesepuh dan pelopor BKKBN Indonesia Prof Dr Haryono  Suyono. Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan, Harganas digelar untuk merekatkan hubungan gotong royong di tengah masyarakat.

‘’Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan para kepala daerah atau tokoh masyarakat atas jasanya membangun bidang KKBPK di daerahnya,’’ujar Puan Maharani.

Sementara itu, dua hari sebelumnya Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris juga  menerima penghargaan Pakarti Utama, dari Ketua TP PKK Pusat dr EMI Guntarti Cahyo Kumolo.

Diraihnya Penghargaan Pakarti Utama itu, karena Desa Sungai Sahut Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin yang mewakili Provinsi Jambi berhasil menjadi juara ke-3 Lomba Bersih Sehat (LBS) tingkat nasional.

Dengan diraihnya penghargaan itu, menunjukkan TP PKK Kabupaten Merangin dibawah pimpinan Hj Hesti Haris tidak pernah absen mendapatkan penghargaan ditingkat nasional setiap tahunnya. (Les)