Jambi - Pasca kebakaran April 2018 lalu, gedung hotel Novita berpotensi mengalami kerobohan. Akan tetapi, Matahari Department Store yang berada di jalan Gatot Subroto, Pasar Kota Jambi tetap melakukan aktivitas seperti biasa setiap hari. 

Tetap beroperasinya Mall berlantai empat tersebut, dinilai tidak mengutamakan keselamatan karyawan maupun konsumen yang berbelanja. 

Sebab, bisa saja sewaktu - waktu gedung Novita 12 lantai tersebut roboh dan menimpa bangunan Matahari mall. Lantaran bangunan mall berdiri berdampingan atau satu gedung dengan Hotel Novita yang sempat terbakar setahun lalu.

Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Pembangunan dan Lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jambi, Rini Yuliani mengatakan pihaknya telah menyurati pihak Matahari mall secara administrasi agar tidak melakukan aktivitas. Akan tetapi, manajemen Matahari mall tidak menggubris sama sekali dan tetap beroperasional hingga sekarang. 

"Kita sudah berikan surat teguran beberapa kali kepada manajemen Matahari mall agar tidak ada aktivitas tapi sepertinya membandel, maka jika terjadi apa - apa mereka (Matahari mall) yang bertanggung jawab sepenuhnya," ujarnya, kepada Halo Jambi, Senin (8/7/2019).

Dijelaskan Rini, menurut rekomendasi Tim Ahli Bangunan (TABG) Kota Jambi yang melibatkan Dinas PUPR, Pemadam Kebakaran, akademisi, dan instansi lainnya gedung Novita itu sesuai kesepakatan harus dilakukan demolition atau perobohan bangunan. 

"Nanti kita akan segera koordinasi kembali bersama Dinas PUPR Kota Jambi agar memproses lebih lanjut mengenai perobohan bangunan Novita," sebutnya. 

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan pihak manajemen Matahari mall belum bisa dimintai keterangan terkait permasalahan tersebut. Saat diwawancarai via Whatsapp bertandakan centang dua berwarna biru yang berarti pesan tersebut masuk dan telah terbaca. Akan tetapi, tidak ada balasan sepatah katapun dari pihak manajemen Matahari mall. 

Seperti diketahui, Kebakaran hotel Novita Jambi berlokasi di Jalan Gatot Subroto yang berada di tengah kota ini terjadi pada tanggal 9 dan 10 April 2018. Selain melalap hotel berbintang empat itu, juga menghanguskan bangunan di lantai atas mall Matahari Jambi yang saat ini telah beroparasi lagi. (uya)