Jambi - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-73 tahun 2019 di lapangan ex. Arena MTQ, Kota Jambi. Rabu (10/7/2019).

Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS bertindak langsung sebagai inspektur upacara yang diikuti personel dan ASN Polda Jambi, Prajurit TNI, Basarnas, Damkar, Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainnya. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS menyampaikan, ke depan tantangan tugas Polri akan semakin kompleks. Terorisme dan radikalisme masih menjadi ancaman utama, termasuk pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Untuk itu, Presiden menginstruksikan agar Polri terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks, serta mendukung Indonesia Emas 2045.

Kemudian, mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan  masyarakat.

"Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan," ujarnya. 

Presiden juga meminta Polri untuk meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. 

"Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri," ucap Presiden dalam sambutannya.

Upacara tersebut juga dihadiri para pejabat utama Polda Jambi, serta unsur Forkopimda, purnawirawan dan warakauri Polda Jambi, serta tamu undangan lainnya.

Dalam upacara tersebut juga diberikan penghargaan Bintang Bhayangkara Nararya kepada personel Polda Jambi. Selain itu, juga diberikan Satya Lencana Pengabdian 8, 16, 24, dan 32 tahun.(uya)