Jambi - Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS makan siang bersama para tahanan penghuni Rutan Polda Jambi. Rabu (10/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Jambi didampingi Wakapolda Jambi Brigjen Pol Ahmad Haydar dan para pejabat utama Polda Jambi. 

Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS mengatakan kegiatan makan siang bersama tahanan tersebut merupakan rangkaian dari acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 tahun 2019.

"Mereka (tahanan, red) ini juga bagian dari keluarga besar Polri, karena setiap hari mereka bersama kami," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan.

Dijelaskan Muchlis, kegiatan ini juga untuk membangun kebersamaan. Sebagai manusia biasa, pihaknya berempati terhadap para tahanan. Namun sebagai penegak hukum, kata Muchlis, pihaknya tetap melakukan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku.

"Semoga (proses hukum, red) ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi mereka. Manusia yang baik bukan tidak pernah melakukan kesalahan. Tapi dengan kesalahan yang telah dilakukan, mereka bisa berubah menjadi orang baik," beber Muchlis.

Ditanya mengenai kapasitas Rutan Polda Jambi, Muchlis menyebutkan saat ini sebanyak 61 orang terdiri dari 55 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. 

"Masih cukup dan memadai untuk menampung seluruh tahanan. Kalau over kita kirim ke LP (Lembaga Pemasyarakatan)," tandasnya. (uya) 


loading...