Sarolangun - Kabupaten Sarolangun saat ini ada dalam Posisi Darurat Musibah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).Hal ini terlihat semenjak memasuki musim kemarau, sering kali terjadi Musibah kebakaran Hutan maupun Lahan Masyarakat di Kabupaten Sarolangun.

 Terlebih lagi dalam 2 Minggu ini, tercatat hampir setiap hari Musibah Kebakaran terjadi, Sampai-sampai dalam 1 Hari bisa 5 Lokasi Musibah Kebakaran Melanda.

Hal ini di Ungkapkan Oleh Kopka Aan Satria, Selaku komandan Peleton di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sarolangun."Memang Semenjak Musim kemarau melanda di kabupaten Sarolangun, seringkali terjadi Musibah kebakaran hutan maupun lahan masyarakat, terlebih lagi dalam 2 Minggu ini, hampir setiap hari Musibah kebakaran melanda, sampai-sampai dalam 1 hari bisa 5 lokasi kebakaran terjadi, seperti yang terjadi pada hari ini, tercatat ada 5 titik lokasi Api yang terlihat, dan Alhamdulillah masih bisa kita atasi,”tegas kopka Aan.

Di samping itu pihaknya sangat mengharapkan kerjasama dari dinas maupun instansi terkait, untuk bekerjasama dalam menghadapi musibah kebakaran ini.

Dimana pihaknya sedikit kewalahan dalam memadamkan api, apa lagi musibah kebakaran ini terjadi di banyak tempat, seperti yang kita rasakan pada hari ini, ada 5 titik api yang terpantau.

"Kita sangat kewalahan dalam menghadapi hal ini, apa lagi kita masih kekurangan mobil pemadam, dan petugas pemadam, untuk itu kita berharap dengan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, untuk dapat menghadirkan Penambahan Mobil pemadam dan Petugas Pemadam,”Harap kopka Aan.

Kopka Aan juga menegaskan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan, maupun pembukaan lahan dengan cara di bakar.Apa lagi pada saat ini sangat rentan sekali dengan musibah kebakaran. 

" Jadi kami menghimbau kepada masyarakat jangan sekali-kali membakar hutan dan lahan, apa bila di ketahui membakar hutan atau pun lahan dengan sengaja, maka pelaku bisa di sanksi berat, karena membakar hutan dan lahan secara di sengaja, termasuk pidana berat,”tutup Kopka Aan.(Gun)