Warga Pematang Rahim keluhkan Proyek Ipal Komunal 2018,Ini tanggapan Perkim

 

Tanjab Timur-Halojambi.id Masyarakat penerima manfaat saluran IPAl Komunal di desa pamatang rahim kecamatan mendahara Ulu kabupaten Tanjabtim mengeluhkan tidak tuntasnya pembangunan proyek ratusan juta rupiah tersebut Hingga kini pembangkit IPAl yang dilaksanakan di tahun 2018 itu diduga belum tuntas.

 

Pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah atau Ipal komunal di RT 12/Dusun teladan Desa pematang rahim kecamatan mendahara Ulu kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi ini menyisakan sejumlah persoalan. Banyak masyarakat yang menilai bangunan dari proyek senilai ratusan juta rupiah yang dibangun pada tahun 2018 tersebut di duga gagal.

 

Sejumlah warga sekitar Rosnawati ketua Rt 12 sempat mengeluhkan proyek pembangunan yang diduga terkesan belum tuntas dan amburadul. Selain itu dilokasi Ipal komunal di kecamatan mendahara Ulu tersebut juga masih terlihat sejumlah pipa yang tak terpasang dan bahkan berserakan. Sejauh ini hanya satu dua warga yang baru merasakan manfaat Pembangunan ipal komunal ini.

 

Dinas perumahan dan kawasan permukiman kabupaten Tanjabtimur Adil Aritonang angkat bicara soal pembangunan IPAL Komunal di desa pematang rahim. Perkim berjanji segera melakukan perbaikan agar bangunan IPAL yang dimaksud segera dibenahi dan bermanfaat.

 

Menurut Adil kadis perkim Pembangunan ipal komunal ini merupakan kegiatan untuk memancing swadaya masyarakat,Ia menyebut banyak masyarakat penerima manfaat IPAL komunal tidak menyiapkan WC dirumah sendiri sementara kegiatan IPAL Komunal hanya menyambung dari rumah ke pusat instalasi nya.

 

Dinas Perkim meminta masyarakat yang belum terlayani dengan keberadaan IPAL Komunal tersebut agar segera membangun WC. Adil menjelaskan ketika air pasang tinggi IPal komunal di desa pematang rahim terdampak banjir sehingga ada instalasi yang rusak,Adil menegasakan telah memerintahkan pihak terkait untuk segera melakukan perbaikan agar IPAL Komunal yang dimaksud dapat perbaiki dan dimanfaatkan.(kms)