Kota Jambi - Wakil Walikota (Wawako) Jambi menghadiri lomba gerak jalan indah dalam rangka hari pramuka ke-58 yang diadakan Kwartir cabang kota Jambi, Rabu (7/8) siang .

Gerak jalan diikuti seluruh anggota kwartir cabang ke kota Jambi dan perwakilan dari seluruh gugus depan yang ada di kota Jambi, yang diikuti kurang lebih sekitar 6000 anggota, mulai dari siaga, penggalang dan penegak.

Usai acara, Maulana menyampaikan rasa bangganya kepada peserta jalan santai. Selain sebagai generasi muda kota Jambi, keterlibatan siswa dalam kegiatan pramuka, kata Maulana, dapat menghindari dari hal-hal negatif serta sekaligus membentuk jiwa gotong royong.

"Kami mengharapkan agar kegiatan seperti ini, kegiatan gerakan pramuka dapat menjadi benteng terakhir generasi muda kita, dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan. Kemudian wawasan kebangsaan, cinta tanah air, saling menghormati, menyayangi sesama dan sebagainya," ujarnya kepada wartawan usai acara.

Dirinya juga meminta agar muatan yang ada dalam proses pembinaan gerakan pramuka ini, terus ditingkatkan di kota Jambi. Sekarang ini, tambah Maulana, pramuka adalah salah satu benteng untuk menjaga generasi muda dari pengaruh seperti narkoba, pergaulan bebas dan lain-lain.

"Kami melihat bagaimana anak-anak kita berjalan dari pagi. Hari ini 6000 anggota pramuka akan mewujudkan semangat muda cinta tanah air, yang siap untuk menyokong masa depan. Dan ini adalah bagian dari rangkaian hari ulang tahun pramuka yang ke 58 di kota Jambi."

"Nanti banyak sekali kegiatannya, salah satunya juga adalah upacara ucap janji pada tanggal 13 banyak dan banyak lagi kegiatan-kegiatan lomba yang lain. Alhamdulillah tadi gerak jalan sudah berjalan dengan lancar, tidak ada satu masalah, semuanya sehat-sehat," tutup Maulana.

Ketua harian Kwartir cabang pramuka kota Jambi, Rifa'i menjelaskan bahwa peringatan hari pramuka yang ke 58 tahun 2019 ini, akan ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan.

"Pertama hari ini gerak jalan yang diikuti seluruh gugus depan dari siaga, penggalang dan penegak. Juga kita akan ada ulang janji malam pada tanggal 13 Agustus."

"Tanggal 14 kita ada renungan ke makam pahlawan. Kemudian ada lomba mural melukis tembok sebanyak 30 tembok. Juga akan mengunjungi panti asuhan," ujar Rifa'i.

"Terakhir ada acara puncak dari pramuka yang ke-58, tempatnya depan halaman kantor Walikota," jelasnya.

Pada puncak peringatan nantinya, Rifa'i mengatakan akan diserahkan beberapa penghargaan kepada beberapa orang. Selain itu, juga akan dimeriahkan dengan beragam atraksi ketangkasan serta yel-yel khas pramuka.

Rifa'i juga menyampaikan prestasi terbaru yang diraih kwarcab kota Jambi.

"Saya juga sampaikan, Kita tanggal 17 Juni kemarin juara satu lomba temu penggalang dan penegak di Kerinci."

"Kita memperoleh 8 emas, 4 perunggu dan dua perak, dan keluar sebagai juara umum," pungkas Rifa'i.(Cen)