Sarolangun-Kondisi cuaca di kabupaten Sarolangun mulai memasuki cuaca ekstrem.Hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda kabupaten Sarolangun.

BPBD Sarolangun meminta masyarakat mewaspadai terjadinya banjir di daerah dataran rendah, terutama yang berada di sepanjang aliran sungai.

Prakiraan cuaca terjadinya cuaca ekstreem memasuki bulan februari hingga april 2020, cuaca ekstrem yang akan turun hujan deras disertai angin kencang diwilayah provinsi jambi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi di wilayah Sarolangun.

Triyanto kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Sarolangun menjelaskan perubahan cuaca akan terjadi dan cuaca ekstrem akan melanda di provinsi jambi.

Kabupaten Sarolangun yang memiliki bantaran sungai muara Tembesi, sungai limun dan sungai batang asai diharapkan warga yang berada dekat dengan aliran sungai agar waspada terjadinya banjir dan longsor.

"Cuaca ekstrem harus diwaspadai, terutama di daerah aliran sungai" katanya Triyanto. 

Kondisi aliran sungai muara tembesi yang semakin hari semakin meningkat, diharapkan warga waspda terjadinya banjir, meningkatnya debit air sungai mura tembesi merupakan air kiriman bila di wilayah hulu sungai hujan.

"bila hujan di hulu sungai,wilayah kita bisa banjir kiriman,kita tetap waspada" jelas triyanto. 

Menyikapi bakal terjadinya cuaca ekstrem yang melanda Sarolangun kedepan, BPBD akan mengadakan rapat kordinasi bersama tim bansor dan akan meningkatkan status bencana dan longsor disarolangun.

"Dalam waktu dekat kita akan rapat bersama tim bansor dan bisa saja peningkatan status bencana dan longsor, "Katanya. (Gun)