MUARA BUNGO - Polres Bungo menggelar apel kesiap siagaan antisipasi pengamanan Hari Buruh Sedunia di halaman Polres Bungo Jumat 1 Mei 2020.

Apel ini di pimpin langsung oleh Kapolres Bungo, AKBP Trisaksono Puspo Aji, S.I.K., M.Si dan diikuti oleh anggota Polres Bungo. 

Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji, S.I.K., M.Si mengatakan kegiatan ini sengaja di gelar untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam memperingati hari buruh di wilayah Kabupaten Bungo. 

“Dalam menghadapi Hari Buruh Sedunia/May Day pada 1 Mei kita harus mengantisipasi, terutama kesiapan kita dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam memperingati hari buruh di wilayah hukum Polres Bungo.”,Ujar Kapolres

Hari Buruh ini lahir dari perjuangan kaum pekerja pada negara kapitalitas Amerika Serikat dan Eropa. Hari Buruh diperingati setelah terjadinya bentrok antara pihak keamanan dan pekerja yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa pada Mei 1886. Di Indonesia, Hari Buruh mulai diperingati sejak 1 Mei 1920.

May Day biasanya akan dilakukan aksi turun jalan, unjuk rasa yang melibatkan massa dalam jumlah besar, yang dilakukan oleh pekerja, buruh, mahasiswa, LSM dan juga partai politik. Untuk itu, Polres Bungo akan menjaga agar aman dan di situasi Pandemi Covid19, dilarang untuk berkerumun, Sosial Distancing, jaga jarak Physical Distancing.

Kabag Ops Polres Bungo Kompol Torang Manik menambahkan, Polres Bungo telah menyiapkan pasukan Dalmas. 

“Meski di wilayah Bungo tidak ada kegiatan unjuk rasa, hal demikian untuk mengantisipasi unjuk rasa dari wilayah lain. Dengan harapan, pasukan selalu tanggap dan siap dalam tugas.”, ungkas Kabag Ops.(zal)