KUALATUNGKAL-Kabupaten Tanjungjabung Barat kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jambi atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. Opini dengan predikat WTP ini merupakan yang ke-dua kalinya diraih Tanjungjabung Barat secara berturut-turut.

Penyerahan laporan hasil penilaian (LHP) dilakukan oleh Kepala BPK Perwakilan Jambi , melalui video conference (vidcon) dengan Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS, di ruang Rapat Bupati, Senin (29/6). Turut mendampingi Bupati dalam Vidcon ini, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Sekwan, Kepala BKAD, Kepala Inspektorat serta tamu undangan lainya.

Kepala BPK RI Perwakilan Jambi Yuan Chandra Djaisin mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, pihaknya tetap melakukan penilaian secara objektif terhadap pelaksanaan keuangan tiap-tiap daerah. Menurutnya pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi laporan keuangan daerah didasarkan pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah. Indikator lainnya adalah kecukupan pengungkapan (adequate disclosure), patuh pada peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Kepada para kepala daerah yang mendapat opini WTP, Kepala BPK RI Provinsi Jambi mengingatkan untuk tetap memperhatikan beberapa catatan yang disertakan. Di antaranya tentang pengelolaan aset tetap serta Pengelolaan aset tetap lainya.

"Saya harapkan ini dapat diselesaikan secepatnya serta Opini WTP ini dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk kedepannya lebih baik lagi dan mendapat WTP lagi"ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Tanjab Barat sampaikan apresiasi dan terimakasih atas pemeriksaan dan Opini LKPD Tanjab Barat. Menurutnya, prestasi pencapaian WTP yang ke 2 kalinya ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama antara eksekutif dan legislatif. 

"Atas nama Bupati Tanjab Barat dan masyarakat Kabupaten Tanjab Barat menganturkan terimakasih kepada Ketua BPK Perwakilan Provinsi dan jajaran yang telah berkenan melakukan pemeriksaan serta audit terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjab Barat"katanya. 

Lanjut Bupati H. Safrial Kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Tanjab Barat Mulyani Siregar SH menegaskan, akan menjaga mutu pengawasan terhadap pelaksanaan keuangan daerah, sesuai kewenangan dan fungsi lembaga legislatif.(ifa)