Proyek Siluman di Kasang Pudak, Pembangunan Jalan Tanpa Papan Informasi

 

HALOJAMBI.ID, MUARO JAMBI - Pembangunan jalan rabat beton di RT 24, Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, diduga merupakan proyek siluman. Pembangunan jalan menuju akses SMP Negeri 8 Muaro Jambi tersebut kini menjadi sorotan warga, pasalnya tidak ada papan informasi yang memuat volume pekerjaan hingga anggaran proyek jalan beton berkonstruksi beton itu.

 

Seperti halnya yang diungkapkan oleh salah seorang warga sekitar, Sujarno. "Proyek tersebut terkesan misterius karena dikerjakan tanpa menggunakan papan nama.

 

Kegiatan itu diduga sudah ada indikasi sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring jumlah besaran anggaran,"kata Sujarno pada halojambi.id, Kamis (01/10/20).

 

Sujarno menjelaskan, masyarakat setempat sebagai penerima manfaat bangunan sulit untuk memantau dan mengawasi pembangunan jalan tersebut. Hal ini lantaran tidak adanya papan proyek.

 

Padahal Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, telah mengatur bahwa setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai oleh keuangan negara wajib memasang papan nama proyek, untuk memuat informasi jenis kegiatan di lokasi.

 

"Sangat disayangkan, kok tidak ada papan proyeknya,"tambah Sujarno. Yang membuat masyarakat semakin kuat menyebut proyek jalan ini sebagai 'proyek siluman', karena ketua RT setempat Jaelani, mengaku tak tahu menahu soal proyek itu.

 

"Sepengetahuan saya, selama proyek tersebut berjalan tidak ada sama sekali papan informasinya. Dan saya juga tidak mengetahui berapa jumlah anggarannya,"ucap Jaelani.

 

Pengamatan halojambi.id dilokasi, terlihat para pekerja tengah melakukan pengecoran jalan tersebut. "Saya cuma bekerja disini bang. Soal papan nama proyek setau saya memang tidak ada. Soal berapa panjang dan jumlah anggarannya saya juga tidak tau," Kata salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya.(Jan)