Pekerjaan Jalan Sei Duren – Sp III Pematang Jering di Keluhkan Warga

MUAROJAMBI- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi tahun anggaran 2020 telah menganggarkan pekerjaan peningkatan jalan Desa Sungai Duren – Sp III Pematang Jering di Kecamatan Jaluko.

Pekerjaan dengan no kontrak 620/39/KONT/BM-DPUPR/2020 itu dikeluhkan warga. Selain itu publik menilai pekerjaan itu tidak transpran. Dari pantuan media dilapangan pada papan proyek tertera dikerjakan oleh CV. Putra Tunggal Konstruksi itu tidak tertera tulisan volume dan dana anggaranya.

Sehingga terkesan mengkangkangi undang-undang tentang keterbukaan publik (KIP) sehingga terkesan agar mempersulit masyarakat untuk ikut mengontrol pekerjaan ini. Selain itu, pekerjaan dilakukan sekaligus full badan jalan, sehingga aktifitas transportasi di jalan ini terhenti total, dan menuai keluhan warga.

Abdul warga sekitar mengatakan terhalang perjalannya dikarenakan pekerjaan proyek tersebut. "Seharusnya setengah badan jalan dulu jadi pengguna jalan aktivitas tidak terganggu bang" Ucap

Abdul Bujang Pangka salah seorang dari Ketua DPD LSM IPAN RI dikabupaten Muaro Jambi mengatakan sangat disayangkan kearogansian kontraktor ini dalam melakukan pekerjaan.

Selain mengganggu aktifitas warga sekitar, juga berupaya tidak transparan terhadap masyarakat, terutama para awak media, Lsm dan Ormas yang juga ikut mengontrol pekerjaan ini, guna memperkecil kemungkinan ruang lingkup penyelewengan, tegas Bujang Pangka.

" PPTK dan Konsultan Pengawas mesti awasi pekerjaan ini secara ketat, karena pekerjaan ini terindikasi dikerjakan pada malam hari," kata Bujang Pangka dengan nada geram.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Mulyadi dari DPD Lsm GERAK Indonesia kepada media ini mengatakan pekerjaan jalan ini terindikasi ada dugaan mark up.

"Pekerjaan ini benar-benar menjadi pantauan ketat dari lembaga kami," pungkas Mulyadi. Sementara itu ponsel Kepala Dinas Yultasmi ketika dikonfirmasi tidak aktip. Sementara itu Kabid dan pihakan rekanan belum berhasil di konfirmasi untuk mengetahui statementnya. (Jan)