SinSen Kembali Tandatangani MoU Kurikulum SMK TBSM Astra Honda ke-20 di Jambi

JAMBI – PT Sinar Sentosa Primatama (SinSen), main dealer sepeda motor Honda di Provinsi Jambi kembali meresmikan kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (KTBSM).

Peresmian kali ini dilakukan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di Gedung Main Dealer PT Sinar Sentosa Primatama, pada 13 November 2020 yang dihadiri oleh Drs. Raflis Kasi Karakter Peserta Didik dan Erwin Susanto General Manager Marketing Operation SinSen.

“Kegiatan ini dilatar belakangi oleh tanggung jawab perusahaan karena kami ditunjuk oleh Presiden Republik Indonesia melalui 7 (tujuh) kementrian bahwa pembinaan Teknik Bisnis Sepeda Motor Honda (TBSM) harus diemban oleh PT Astra Honda Motor ( Honda ) bersama seluruh main dealer yang ada di seluruh Provinsi dalam menjalankan misi yang sangat mulia yaitu mengembangkan seluruh SMK TBSM yang ada di Indonesia, sekaligus berkontribusi besar terhadap dunia Pendidikan di bawah kementrian pendidikan tentunya dari kompetensi dan bidang bisnis kami” ujar Erwin Susanto, General Manager Marketing Operation SinSen.

Dalam kegiatan ini AHM memberikan donasi 1 (satu) unit sepeda motor Honda dan 11 (sebelas) Special Tools, juga SinSen yang memberikan donasi berupa buku pelajaran KTBSM Astra Honda kepada SMKN 8 Tebo.

SMK yang bekerja sama dengan Honda tidak hanya mendapatkan kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru juga diadakan, seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi serta para siswa bisa melaksanakan Praktek Kerja Industri di seluruh jaringan AHASS atau bengkel resmi Honda.

Sekolah yang sudah melakukan MoU dapat memanfaatkan portal resmi Honda yaitu e-Learning dan e-Database. Nantinya, SMK bisa mendownload materi ajar sesuai dengan kurikulum teknik sepeda motor Astra Honda, melihat lowongan pekerjaan untuk lulusan SMK binaan Honda, serta produk-produk terbaru dari Honda.

Program ini merupakan program nasional PT. Astra Honda Motor (AHM) bekerjasama dengan SinSen sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, AHM telah memulai program KTBSM Honda ini sejak 2009.

Program ini dilaksanakan dengan menyusun silabus khusus yang bisa diimplementasikan di tingkat SMK, yang dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa alat praktik dan laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih.

Dalam perjalanannya, secara periodik program ini terus dikembangkan oleh SinSen dan sampai saat ini di Provinsi Jambi, terdapat 20 SMK TBSM Astra Honda yaitu SMK N 3 Kota Jambi, SMK Praskab, SMK N 10 Muaro Jambi, SMK Muhammadiyah, SMK N 7 Muaro Jambi, SMK Budi Luhur, SMK Nurul Falah, SMK N 7 Sarolangun, SMK N 2 Sarolangun, SMK N 11 Sarolangun, SMK Miftahul Ulum, SMK N 3 Bungo, SMK N 4 Tanjung Jabung Barat, SMK N 2 Tebo, SMK DB 4 Jambi, SMK N 2 Merangin, SMK Nusantara, SMK Al-Inayah, SMK DB 1 Jambi dan SMK N 8 Tebo.(red)