KPU Tanjabbar Persiapan Pilkada 2020 Bebas Penularan Corona di TPS

KUALATUNGKAL,Halojambi.id-Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 untuk wilayah Kabupaten Tanjungjabung waktunya telah semakin dekat, sehingga pihak KPU daerah ini telah melakukan kegiatan persiapan dan tahapan jauh-jauh hari sebelumnya dengan segala prosesnya.

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi tantangan berat untuk dilaksanakan pesta demokrasi tersebut secara aman dengan bebas ancaman penularan virus Corona di tempat pemungutan suara (TPS), Ketua KPU Tanjungjabung Barat Hairuddin kepada Halojambi.id belum lama ini saat ditemui di kantornya mengatakan bahwa KPU Tanjungjabung Barat telah berkomitmen bakal menggelar Pilkada tertib prokol kesehatan dari seluruh kegiatan persiapan dan tahapannya hingga hari H Pilkada Serentak 9 Desember mendatang.

" KPU melaksanakan setiap proses tahapan persiapan Pilkada adalah sudah sesuai dengan disiplin protokol kesehatan yang berlaku, sehingga khusus penyelenggara sudah dilakukan rapit test, selanjutnya petugas KKPS sebanyak 1605 orang dari kecamatan sampai desa-desa hari ini mengikuti rapit test serta petugas di KPU dan jajaran, " ujar Hairuddin.

Guna memastikan penyelenggaraan pemungutan suara 9 Desember terlaksana aman dan sehat Hairuddin mengatakan pihaknya akan menyediakan fasilitas cuci tangan (sabun dan air), hand sanitizer dan lokasi TPS akan disemprot cairan disinfektan sebelum TPS dibuka.

"Dan setiap Pemilih yang datang ke TPS akan diberikan sarung tangan plastik, diukur suhu tubuhnya, diminta menjaga jarak dengan petugas dan pemilih lain, sehingga pemilih diharapkan datang lebih awal agar tidak terjadi antrian yang menimbulkan kerumunan, pemilih datang ke TPS sudah mengenakan masker, untuk berjaga-jaga bagi yang terlupa kami sediakan masker," ungkap Hairudin.

Komisioner KPU Tanjungjabung Barat M Ilyas dari Devisi Sosialiasi ditemui terpisah, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Kecamatan Betara dan kepada seluruh peserta simulasi diingatkan tentang perbedaan kondisi pemungutan suara pada saat Pilkada lima lalu tanpa pandemi dengan Pilkada serkarang.

"Salah satu perbedaan mendasar di TPS dibanding Pemilu sebelumnya adalah seluruh anggota KPPS dan petugas lainnya Alat pelindung Diri (APD) dan penerapan protokol kesehatan secara ketat," ucap Ilyas.

Mengenai jadwal kedatangan Pemilih di TPS masing-masing dikatakan Ilyas, sejak pukul 07.00 Wib TPS mulai dibuka hingga pukul 12.00 Wib " KPPS akan mengatur jadwal kedatangan Pemilih dengan jarak waktu kedatangan secara tertentu, hingga pukul 12.00 Wib, karena maksimal TPS jumlah Pemilih adalah 500 pemilih." sebutnya.

Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Guntur Saputro dikonfirmasi Halo Jambi Jumat (20/11) terkait Pilkada Serentak mengatakan bahwa pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar Pilkada Serentak walau terlaksana di tengah Pandemi Covid-19 namun bisa berjalan aman tanpa klaster Corona.

" Kami sudah sosialisasi Pilkada damai dan sehat di 4 lokasi (Kecamatan Tungkal Ilir, Betara , Merlung dan Tungkal Ulu) kepada masyarakat dan penyelenggara Pemilukada untuk mendukung terselenggaraan Pilkada yang sejuk, aman damai dan sehat," ujar Kapolres.(ifa)