Kota Jambi Kebagian Jatah 8.000 Vaksin Sinovac

KOTAJAMBI-Mobil box plat merah pengangkut Vaksin Sinovac Covid-19 bernomor Polisi BH 8006 Z tiba di gedung instalasi Farmasi Kota Jambi, di Jalan Zainir Haviz, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Selasa (12/01/21) sore.

Distribusi Vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jambi ke Pemerintah Kota Jambi ini mendapat pengawalan ketat dari personel Kepolisian dan TNI.

Pendistribusian vaksin dari Gudang Farmasi Provinsi Jambi yang berada di Perkantoran Gubernur Jambi di Telanaipura, ke Gedung Farmasi Kota Jambi berjalan aman dan lancar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, dr Ida Yuliati menuturkan, jatah Vaksin untuk Kota Jambi sendiri ada sebanyak 8 ribu vaksin untuk tahap satu. Vaksin ini dibungkus dalam 4 kotak, masing masing kotak berisi 2 ribu Vaksin.

"Kita baru mendapat distribusi Vaksin untuk Covid-19 dari Provinsi sebanyak 4 dus. Yang satu dus isinya 2 ribu. Jadi kita hari ini menerima 8 ribu Vaksin,"ujar Kadis Kesehatan Kota Jambi, dr. Ida Yuliati saat menerima distribusi Vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jambi, di gedung Farmasi Kota Jambi, Selasa (12/01/21) sore.

Oleh petugas kesehatan, ribuan Vaksin Sinovac itu disimpan rapi ke dalam sejumlah alat pendingin vaksin di Gudang Farmasi Kota Jambi. dr. Ida menjelaskan, Vaksin Sinovac ini diperuntukkan bagi 7.939 tenaga medis di Kota Jambi, yang tersebar di 17 rumah sakit 20 puskesmas dan satu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Kota Jambi.

"Kita mendapat Vaksin baru untuk satu putaran. Peruntukan Vaksin akan kami distribusikan lagi besok (Rabu 13 Januari 2021),"jelas dr. Ida Yuliati. Pihak Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Jambi diminta untuk mengambil sendiri Vaksin Sinovac tersebut ke Gedung Farmasi Kota Jambi.

"Jadi mereka yang mengambil. Kita sudah ada pendataan permintaan dari Rumah Sakit dan Puskesmas, jadi kita tinggal mendistribusikan,"tuturnya. Pelaksanaan vaksin sendiri akan dilakukan pada Kamis 14 Januari 2021, di Puskesmas dan Rumah Sakit masing masing.

"Insyaallah besok (Rabu 12 Januari 2021) kita melihat pencanangan dari bapak presiden. Kemudian dilanjutkan untuk Provinsi dan Kota pada tanggal 14. Jam 8 kita mengadakan pencanangan,"ungkapnya.

Sebelum hari H, Dinas Kesehatan Kota Jambi berencana akan menggelar Simulasi vaksinasi terlebih dahulu pada Rabu 13 Januari 2021.

"Besok kita akan melakukan simulasi di Mako Damkar, khusus untuk pencanangan. Kemudian simulasi juga akan dilaksanakan untuk di Puskesmas dan Rumah Sakit masing-masing,"tambahnya.

Sementara untuk petugas vaksinator, lanjut dr. Ida, berasal dari Rumah Sakit dan Puskesmas setempat, mereka telah mendapatkan pelatihan khusus dari Kementerian Kesehatan secara virtual. dr. Ida Yuliati mengaku, pihaknya telah menyiapkan antisipasi dan penanganan jika nantinya dalam proses penyuntikan vaskin terjadi gejala atau hal hal yang tidak diinginkan terhadap tenaga kesehatan yang divaksin.

"Kita sudah menyiapkan 4 meja dengan juknis yang ada. Meja satu pendaftaran, meja dua untuk screening, meja tiga penyuntikan, meja ke empat itu untuk yang pemantauan.

Artinya kita tunggu sampai 30 menit, tidak ada masalah boleh pulang,"tandas dr. Ida Yuliati. Sebagaimana diketahui, selain Kota Jambi, untuk tahap pertama Yang menerima vaksin Sinovac di Provinsi Jambi adalah Kabupaten Muaro Jambi.(Red/HS)