Demi Batang Hari, Saatnya Kembali Sinergi

Halojambinews : Di setiap persimpangan jalan utama di Kota Muara Bulian, maupun jalan-jalan utama setiap kecamatan Se Kabupaten Batang Hari, terpampang baliho Muhammad Fadhil Arief dan Bakhtiar, dengan tulisan " Demi Batang Hari, Saatnya Kembali Sinergi. Pesta Demokrasi 2020 telah kita lalui.

Kini saatnya satukan tekad, gotong-royong membangun Batang Hari. Demi masa depan kita dan anak-anak kita ". Kalimat tersebut berisikan pencerahan bahwasanya Kabupaten Batang Hari telah memasuki Era Baru yakni era dimana pembangunan akan berjalan secara berkesinambungan serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat bahu membahu dan bergotong royong dalam menuju Bumi Serentak Bak Regam yang jauh lebih baik.

Seperti kita ketahui, Muhammad Fadhil Arief,SE serta Bakhtiar, SP, berhasil menangi konstestasi Pilkada Kabupaten Batang Hari pada 9 Desember 2020 lalu, dengan perolehan suara sebanyak 37,86 persen.

Kemenangan Fadhil Bakhtiar tersebut adalah kemenangan masyarakat Kabupaten Batang Hari yang menginginkan perubahan serta mempunyai pemimpin yang mampu mensejajarkan kabupaten tertua di Provinsi ini dengan kabupaten lainnya dalam hal pembangunan di segala bidang.

Pasangan yang keduanya pernah menjabat sebagai Sekda Kabupaten Batang Hari ini, dan akan menjalani amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batang Hari periode 2021-2024, akan mewujudkan Visi Perubahan Menuju Arah Baru Batang Hari Tangguh, dengan melaksanakan misi selama 2021 sampai 2024, yaitu.

Pertama, Terdepan Dalam Penguatan Ketahanan Ketahanan Ekonomi Berbasis Daya Saing Pertanian Dan Agrowisata Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan. Misi ini adalah upaya perubahan arah baru Kabupaten Batang Hari menjadi yang terdepan dalam penguatan ekonomi berbasis pertanian dengan menjamin terciptanya skala ekonomi dalam peningkatan produktivitas pendapatan, perluasan pemeberdayaan ekonomi masyarakat yang berpenghasilan rendah serta menumbuhkan wirausaha agrikultural-ekowisata dalam penciptaan lapangan kerja untuk peningkatan kesejahteraan Masyarakat yang berkelanjutan.

Kedua, Memperkuat Akhlaqul Karimah Dalam Tatanan Kehidupan Masyarakat Yang Agamis melalui Sinergitas Umarah dan Ulama dalam Peningkatan Nilai-nilai Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Misi ini adalah upaya untuk memantapkan kehidupan masyarakat bertumpu pada budi pekerti yang luhur, toleransi antar umat beragama yang mengedepankan etika dan moral dalam tatanan kehidupan masyarakat yang berakhlaqul karimah melalui sinergitas umarah dan ulama dalam peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ketiga, Menciptakan Ruang Kota yang Nyaman dan Aman, seta Menjamin Tumbuhnya Ruang Berusaha dan Iklim Investasi yang Sehat. Misi ini adalah uapaya menciptakan kehidupan bermasyarakat yang nyaman melalui ketersediaan ruang kota dan ruang terbuka yang bersih, asri yang ramah bagi kehidupan masyarakat serta kenyamanan berusaha berupa pemberian jaminan kemudahan melalui skema investasi berbasis kemitraan yang berkembang sebagai modal pembangunan.

Keempat, Meningkatkan Semangat Gotong Royong dan Kemandirian Masyarakat sebagai Agen Perubahan dalam Mempercepat Pembangunan. Misi ini adalah upaya memantapkan kesadaran masyarakat dalam menghidupkan kembali semangat gotong royong dan kerjasama guna mencipatakan masyarakat menuju ketahanan keluarga guna peningkatan kesejahateraan dan keberdayaan masyarakat.

Kelima, Mewujudkan Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Bermutu dan Kompetitif. Misi ini adalah upaya mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan menjamin akses pelayanan publik terutama bidang bidang pendidikan dan kesehatan serta mewujudkan pembangunan kualitas SDM yang bermutu.

Serta Keenam, Mengembangkan Budaya Birokrasi yang Harmonis serta Sinergitas Pembangunan Daerah dan Desa. Misi ini adalah upaya memantapkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik melalui terobosan kerja secara terpadu, penuh integritas, akuntabel, taat kepada hukum yang berwibawa dan transparan, dan selalu menjaga harmonisasi dan sinergisitas pembangunan desa dan daerah dalam rangka menciptakan pemerintahan yang efektif, efisien dan ekonomis.

Muhammad Fadhil Arief dan Bakhtiar juga akan menjalankan 36 Program Kerja, yakni

1. Petani Cerdas : a. Penyediaan Bibit Berkualitas. Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan. b. Pendampingan Para Petani (Pengetahuan, Keterampilan dan Pengelolaan Manajemen Pemasaran). c. Peningkatan Produktifitas Lahan.

2. UPT/Kantor Pengelola Jalan Produksi dan Jalan Usaha Tani.

3. UPT/Kantor Optimalisasi Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

4. Pelayanan Keliling Desa/Kelurahan untuk Pembuatan Administrasi Kependudukan Secara Gratis (AKTE, KIA, KTP dan KK).

5. Jaminan Kesehatan Gratis Bagi Seluruh Masyarakat Kurang Mampu/Miskin.

6. Dokter Keliling Desa/Kelurahan.

7. Rumah Bunda (Menampung Aspirasi Keluarga/Rumah Tangga dan Pengembangan Potensi Wanita).

8. UPT/Kantor Wira Usaha Wanita.

9. Percepatan Perbaikan/Pembangunan Jalan Antar Desa/Kelurahan dan Antar Kecamatan.

10. Penerangan Jalan Seluruh Wilayah Batang Hari.

11. Pembangunan Jaringan Listrik Masuk Dusun yang Belum Dialiri Jaringan PLN.

12. UPT/Kantor Pemberdayaan Milenial dan Santri (Balai Latihan Kerja).

13. Mendatangkan Investor untuk Membuka Lapangan Kerja dan Memprioritaskan Masyarakat Setempat.

14. Pelatih Olahraga dan Seni untuk Setiap Desa/Kelurahan.

15. Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa untuk Masyarakat Kurang Mampu/Miskin.

16. Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa Berprestasi.

17. Beasiswa Bagi Siswa/Mahasiswa Hafidz/Hafidzoh, Mufasir/Mufasiroh, Qori/Qori’ah.

18. Penyuluhan Keliling Desa/Kelurahan Terhadap Bahaya Narkoba.

19. Peningkatan Kualitas dan Kesejahteraan Guru.

20. Pembangunan Islamic Centre (Masjid Agung, Rumah Tahfidz, Kuliner Islam, Pentas Seni Islam dan Sekreteriat Organisasi Kemasyarakat dan Keagamaan).

21. Pembangunan dan Revitalisasi Pasar Moderen.

22. Pembangunan dan Pengembangan Potensi Pariwisata Desa/Kelurahan.

23. Pembangunan Ruang Komunitas di Setiap Kecamatan (Balai Adat, Sarana Olahraga dan Pusat Jajanan dan Panggung Milenial).

24. Penempatan Pejabat yang Sesuai Dengan Kompentesi/Ahli dan Bebas KKN.

25. Pembangunan Alun-Alun Ibu Kota Kabupaten Batanghari (Pusat Kuliner, Pentas Seni dan Budaya, Tempat Bermain Anak-Anak dan Sarana Olahraga).

26. Pembangunan Pusat Kerajinan, Perdagangan dan Oleh-Oleh Khas Batang Hari.

27. Jum'at Barokah (Bupati Membuka Diri untuk Menerima Masyarakat Batang Hari Pada Setiap Jum'at).

28. Bupati/Wakil Bupati Secara Rutin Mengunjungi Masyarakat di Desa/Kelurahan.

29. Melakukan Gotong Royong Masyarakat Bersama Pemerintah. 30. Penyediaan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Miskin, Terutama Rumah Dalam Kebun Bagi Petani Kecil.

31. Pelayanan Air Bersih Yang Baik.

32. Penyelenggaraan Event Olahraga, Seni dan Budaya Berskala Regional dan Nasional.

33. Batang Hari Institut. (Pusat Penelitian dan Pengkajian).

34. Pembangunan Track Sirkuit.

35. Gerakan Membaca Alqur’an (GEMAR) : a. 1 hari dalam seminggu serentak membaca Alqur’an se-Batang Hari b. 1 Desa/Kelurahan1 guru Tahfidz

36. Sertifikasi Tanah Seluruh Masyarakat Batang Hari. (Veer)