Pelaksanaan Peringatan Haul Ulama Besar di Kualatungkal Terapkan Protokol Kesehatan

KUALATUNGKAL,Halojambi.id –Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Peringatan Haul ulama besar Syekh Abdul Qodir Al Jailani, Syekh Muhammad Nawawi Berjan dan Syekh Muhammad Ali bin Syekh Abdul Wahab selalu dilangsungkan di Ponpes Al- Baqiatushalihat Kualatungkal, Tanjungjabung Barat Provinsi Jambi, namun kondisi pandemi Covid-19 saat ini kegiatan serupa tetap dilaksanakan meski secara terbatas undangan yang hadir namun masyarakat luas tetap dapat mengikuti kegiatan haul tersebut secara virtual.

Peringatan haul yang lazimnya dihadiri ribuan warga untuk tahun ini kondisi yang tidak memungkinkan menghadirkan jamaah dalam jumlah yang besar disebab protokol kesehatan diberlakukan secara ketat guna tidak terjadi persebaran Covid-19 di tempat ini.

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro, SIK, MH sekaligus selaku Wadansatgas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungjabung Barat dalam keterangan persnya mengatakan bahwa setelah dilakukan koordinasi dengan panitia pelaksana menyepakati kegiatan relegius tersebut untuk tahun dilaksanakan terbatas dengan pola virtual zoom, mengingat masih di tengah pandemi Corona.

"Kegiatan selesai sekira pukul 22.00 Wib Sabtu malam (23/1) Berjalan lancar dan tertib serta aman dan kondusif dan selama kegiatan berlangsung dilaksanakan pengamanan serta pengawasan Prokes oleh Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419 / Tanjab. Dan untuk penerapan Prokes dilaksanakan mulai dari pintu masuk Ponpes dengan melakukan Pengukuran Suhu Tubuh dan memberikan cairan handsanitizer, kemudian diarahkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun," ungkap Kapolres.

Menurut Kapolres acaranya haul dapat diikuti masyarakat luas tanpa harus hadir di tempat.”Ya kita fasilitasi jamaah dapat mengikuti rangkaian kegiatan Haul di aplikasi Zoom dengan Id Zoom : 9106943187 dan password 123. Jalannya acara Haul juga disiarkan live streaming melalui kalan facebook ‘Tsbat Al Urwatul Wustqa’ dan chanel Youtube Polres Tanjabbar,” sebut AKBP Guntur Saputro.

Sementara itu Pimpinan Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat, KH. Abdul Hakim, S.Ag. menyampaikan bahwa peringatan Haul tersebut pada tahun ini dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi pandemi Corona yang terjadi untuk itu diterapkan protokol kesehatan (Prokes), sebagaimana mestinya.

"Pelaksanaan Haul tahun 2021 ini dilaksanakan menyesuaikan dengan kondisi yang ada ditengah wabah pandemi berlangsung. Difasilitasi oleh Polres Tanjab Barat haul dilaksanakan dengan virtual zoom meeting,” ujar KH Abdul Hakim di Kualatungkal.

Ustadz Anwar Sadat yang juga merupakan salah satu putra Syekh Muhammad Ali bin Syekh Abdul Wahab pada kesempatan malam itu juga turut memberikan keterangan pers usai peringatan haul dilaksanakan mengatakan rangkaian kegiatan haul telah dilaksanakan sejak pagi harinya dengan pembacaan surah yasin, tahlil dan doa-doa lalu berlanjut malam harinya disiarkan secara virtual.

"Malam ini rangkaian kegiatan haul ini dihadiri, para ulama se Tanjungjabung Barat tokoh-yokoh masyarakat, para guru, santri Ponpes Al-Baqiatushalihat. Alhamdulillah rangkaian peringatan haul ini berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan," tutur Bupati Tanjungjabung Barat terpilih ini hasil Pilkada Serentak 2020.(ifa)