Bungo - Kesbangpol Kabupaten Bungo masih mengawasi kegiatan pengajian Khilafatul Muslimin yang ada di Desa Jaya Setia karna adanyan larangan dari Mendagri terkait diterbitkan izin Khilafatul Muslimin dari sejarah terbentuknya masih ada kaitannya dengan kelompok NII dan sampai sekarang masih dalam pengawasan Kesbangpol. 

"Pada Tahun 2019 Kelompok Khilafatul Muslimin sudah pernah dipanggil pihak Pakem dan Kesbangpol terkait perizinannya dan sampai saat ini belum ada perizinannya untuk melakukan kegiatan pengajian di Kab. Muara Bungo," ujar Andra, Subbidang Konflik Sosial Kabupaten Bungo. Kamis (22/7/2021). 

Andra menyampaikan Pada hari Rabu tanggal 02 oktober 2019 lalu, bertempat dikantor Lurah Jaya Setia telah dilaksanakan Rapat mediasi terkait adanya Penolakan  dari masyarakat tentang Keberadaan Jama'ah Khilafatul Muslimin. 

Terkait Pamfllet yang dibuat di tempat kegiatan pengajian Khilafatul Muslimin sudah pernah di lepas dari hasil rapat kesepakatan Kamenag, Kesbangpol, Pengurus Khilafatul Muslimin. 

"Penolakan dari warga sudah minta di copot namun masih dipasang kembali tanpa izin dari pihak berwajib. Pamflet tersebut menandakan bahwa pengajian masih aktif. Sampai saat ini setiap kegiatan Khilafatul yang ada di Kab. Muara Bungo masih meresahkan Masyarakat," jelasnya. (*)