Tanjabbar - DPRD Tanjung Jabung Barat menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke-56 Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021, Selasa (10/08).

Ketua DPRD Tanjung Jabung Barat H. Abdullah, SE dalam arahanya saat memimpin sekaligus membuka rapat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Jambi yang telah berkenan hadir dan memenuhi undangan pada hari ini.

Ditambahkannya melalui momentum hari jadi kabupaten ini, dirinya ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan agar saling bersinergi, bahu-membahu, bekerjasama dan berkarya untuk membangun Tanjung Jabung Barat yang berkualitas, ekonomi maju, religius, kompetitif, aman dan harmonis. “Semoga visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati dapat terealisasi dengan baik,”ujarnya.

Senada dengan Ketua DPRD, Bupati Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag saat menyampaikan sambutannya juga mengucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur dan Ketua TP PKK Provinsi Ibu Hesti Haris beserta rombongan di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan.

Tak lupa Bupati juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak baik pimpinan maupun anggota dewan yang terhormat, segenap aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, alim ulama dan cendikiawan serta seluruh elemen masyarakat yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di Tanjung Jabung Barat.

“Karena dalam suasana yang aman, tentram, damai dan demokratis inilah kita dapat melaksanakan tahapan pembangunan daerah dengan sebaik-baiknya,” tandas bupati.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa rapat paripurna istimewa dalam rangka hari jadi kabupaten ini merupakan paripurna istimewa pertama bagi dirinya dan wakil bupati hairan. Oleh karena itu lanjut beliau, momentum ini telah menjadi ‘starting point’ baginya bersama wabup dalam membuat sejarah dan warna baru penyelenggaraan peringatan hari jadi kabupaten yang tidak hanya Semarak dengan even ataupun kegiatan seremonial tetapi juga tercatat dalam agenda rutin dprd kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bupati menambahkan, di usia yang telah mencapai 56 tahun ini, dirinya berharap semua pihak terus berupaya semaksimal mungkin mewujudkan berbagai harapan dan aspirasi masyarakat untuk dapat mensejajarkan diri dengan daerah lain yang relatif maju terlebih dahulu termasuk berupaya menjadi salah satu kabupaten di provinsi jambi yang mampu menumbuh kembangkan berbagai potensi daerah bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sehingga yang mampu bersaing dengan kabupaten/kota lain di provinsi jambi maupun di kancah nasional.

Sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah lanjut bupati tetap mengutamakan peningkatan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan termasuk penurunan angka stunting, revitalisasi pertanian, pemulihan ekonomi dan penyediaan dukungan infrastruktur yang memadai.

Pemerintah dalam hal ini juga berupaya melakukan intervensi melalui peningkatan belanja modal sehingga dapat menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan yang bermuara pada penyerapan tenaga kerja serta peningkatan pendapatan masyarakat yang akhirnya diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan.

“Adapun semua pencapaian yang telah diperoleh pada dasarnya bukanlah tujuan akhir namun setidak-tidaknya dapat menjadi indikator penilaian dari keberhasilan atas upaya pembangunan yang kita laksanakan secara bersama-sama. Titik itu semua adalah keberhasilan kita bersama dan utamanya keberhasilan masyarakat Tanjung Jabung Barat yang telah memilih kami untuk memikul amanah mereka dengan penuh tanggung jawab,”imbuhnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan di tengah kondisi menghadapi covid-19 ini, semua kegiatan termasuk yang sifatnya perayaan suasananya menjadi sangat sederhana namun hal tersebut tidak berarti mengurangi rasa hikmat dalam merayakan hari jadi kabupaten pada hari ini. Gubernur pada kesempatan tersebut juga mengajak semua pihak untuk bekerja, bersinergi serta selalu bersikap optimis dalam upaya membangkitkan daerah.

“Jika membahas potensi, Tanjab Barat ini memiliki potensi yang sangat lengkap sekali seperti sawit, perikanan, perkebunan dan sebagainya. Ini yang akan sama-sama kita dukung salah satunya insya allah jalan tol jambi-rengat yang melintasi daerah kita ini tahun depan targetnya sudah dibangun,”pungkasnya.

Turut hadir pada Paripurna Istimewa tersebut, Wakil Bupati Hairan,SH beserta istri, Segenap Jajaran Forkopimda Tanjab Barat beserta istri, Anggota Komisi V DPR RI Haji Bakri, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Faisal Riza,ST.MM, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD KabupatenTanjab Barat beserta istri, Sekda Tanjab Barat beserta istri, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Ibu Hesnidar Haris beserta jajaran, Ketua TP-PKK Kab. Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat beserta jajaran, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Segenap Pimpinan Instansi Vertikal, Komisioner KPU, Ketua dan Anggota Bawaslu, Para Ketua Partai Politik, Lembaga Adat, Ketua MUI dan Ketua FKUB serta tamu undangan lainnya.(Ifa)