MUARO JAMBI - Petakkan batu pertama display produk inovasi nanas dalam kawasan agrowisata kerja sama BPTP Jambi dengan Komite Ekraf Provinsi Jambi oleh Buapti Muaro Jambi Hj. Masnah Albusyro , SE. M.Tr.IP. Rabu pagi (01/09/21) acara berlangsung dikawasan agrowisata pertanian nanas Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam.

Dijelaskan oleh Ketua BPTP Jambi M. Rustam bahwa tujuan pembangunan display ini ialah nantinya bangunan ini sebagai sarana pendukung tempat sentra pemasaran nanas tangkit, baik itu berbentuk nanas segar maupun turunannya. Nantinya juga diharapkan seluruh produk-produk pasca panen dari nanas tangkit akan bisa berkembang lagi pemasarannya dan semakin lancar. Juga dijelaskannya tentang pembangunan display ini bahwa “bangunan tersebut berbentuk semi permanen kemudian dikonsep dengan menarik, artistic dan alami terbuka. Juga di desain relative komplit, minimalis dan kreatif. Agar dapat menarik minat para pengunjung untuk dating ke Desa Tangkit ini”, jelas M. Rustam.

Senada dengan Ketua BPTP Jambi, Bupati juga sampaikan “Pemkab Muaro Jambi sangat mendukung program yang bersipat ekonomi agrowisata seperti yang ada di Desa Tangkit baru ini. Diharapkan dengan adanya display ini dapat menarik minat wisatawan-wisatawan untuk berkunjung dan menikmati nanas tangkit yang langsung ke dipetik. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi para petani nanas di desa ini. Saya sangat mengapresiasi masyarakat di Desa Tangkit Baru karena sangat konsisten dengan bertani nanas, tidak tertarik untuk berpindah ke pertanian jenis lain.”, Ucapnya.

”Diharapkan dengan dukungan Pemerintah Provinsi Jambi diharapkan nanas Desa Tangkit Baru ini bisa memenuhi permintaan pasar Jambi dan bisa di ekspor ke luar negeri” harap Bupati Hj. Masnah.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kadis Pariwisata Provinsi Jambi DR. Sri Purnama Syam, SST. M.Sn., Kepala Balai Karantina Kelas 1 Jambi Ir. Turhadi Noerachman, M.Si, Kepala BPTP Jambi M. Rustam, SP. M.Si., Ketua Komite Ekonomi Kreatif Jambi Berlian Santosa, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Provinsi Lampung, Muh. Jumadh, M.Si., Kadis Kominfo Muaro Jambi M. Fauzi Darwas, S.Si, SE., M.Si., Kadis Pariwisata Muaro Jambi M. Riduan, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Muaro Jambi Ampriadi , serta tamu undangan lain.(red)