Merangin - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Bangko bekerjasama dengan Kodim 0420 Sarko mengadakan kegiatan Wawasan kebangsaan untuk Warga binaan Lapas, Kamis 09 September 2021.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pendidikan dan pemahaman kepada warga binaan agar meningkatkan rasa kebangsaan dan rasa bernegara. Melalui pendidikan ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan, dengan adanya pendidikan seseorang akan memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat menghasilkan kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

Kalapas Bangko Erwan Prasetyo, Amd.IP, SH, M.Si mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan dibidang kepribadian bagi narapidana untuk bisa menjadi warga negara yang baik dan bisa berkontribusi kepada negara dan cinta terhadap tanah air.

"Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan Kodim 0420 sarko mengadakan pembinaan wawasan kebangsaan kepada warga binaan Lapas biar bisa menjadi warga negara yang selalu cinta terhadap tanah air,"ujarnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan melalui aplikasi zoom mengingat dikarenakan pandemik covid 19 di aula lapas bangko serta di kodim 0420 Sarko, namun demikian warga binaan Lapas secara antusias mengikuti acara tersebut.

Kapten M. Sahudi, Pasi teritorial sebagai pembawa materi menyampaikan dengan lugas dan jelas apa arti tentang wawasan kebangsaan sehingga warga binaan bisa memahami apa yang disampaikan. Hidayat, S.Sy selaku kasubsi regbimkemas lapas yang bertanggungjawab dalam kegiatan ini menerangkan bahwa warga binaan Lapas yang telah ikut dalam kegiatan ini bisa sebagai pertimbangan penilaian dalam mengjukan remisi atau pembebasan bersyarat.

Selain materi yang disampaikan juga dilakukan tanya jawab oleh warga binaan Lapas agar dapat lebih memahami apa itu wawasan kebangsaan.

Kalapas bangko berharap agar kegiatan ini bisa terus berkesinambungan dikarenakan pentingnya pendidikan wawasan kebangsaan untuk warga binaan Lapas. " Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Dandim 0420 Sarko atas kerjasamanya dalam menyadarkan warga binaan melalui kegiatan wawasan kebangsaan ini". Pungkasnya(les)